5 Cara Belajar Fundamental Analysis

  • Share
belajar fundamental analysis

Salah satu kunci sukses berinvestasi saham adalah dengan melakukan fundamental analysis. Selain memudahkan investor dalam pengambilan keputusan, cara ini merupakan langkah terbaik yang akan menjamin kesuksesan investasi.

Cobalah perhatikan, apa pun topik saham yang dibahas pasti selalu diarahkan pada analisa fundamental sebagai dasar trading saham secara aman.

Oleh karena itu, sangat penting menguasai analisis tersebut khususnya bagi Anda yang berniat serius menjadi trader saham. Untuk mempermudah, kami ringkas cara belajar fundamental analysis dalam lima poin berikut ini.

Pengertian Analisis Fundamental Saham

Sebelum mempelajari cara analisis, pahami terlebih dahulu apa itu fundamental dalam saham. OJK sendiri menyatakan bahwa dalam berinvestasi termasuk saham harus melakukan dua analisis yang salah satunya adalah fundamental.

Analisis fundamental saham adalah sebuah analisa yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kondisi keuangan perusahaan. Ini merupakan dasar valuasi saham yang berisi tiga hal penting, yakni:

  • Kinerja dan kondisi perusahaan untuk mengetahui kondisi kesinambungan saham di masa mendatang
  • Acuan harga saham yang pantas sebelum memutuskan untuk bertransaksi jual beli saham
  • Evaluasi saham untuk menilai kelayakan saham

Dengan begitu, investor dapat dengan mudah mengetahui karakteristik perusahaan terbaik mana yang akan diinvestasikan.

5 Cara Belajar Fundamental Analysis

Mempersiapkan Mental

Sebelum  mengulik lebih dalam soal fundamental, mantapkan diri Anda terlebih dahulu untuk tidak terbawa tren sekitar.

Pastikan diri Anda konsisten atas analisis fundamental yang telah dilakukan. Karena kebanyakan investor -termasuk yang sudah berpengalaman sekalipun- masih sulit mengendalikan mental ini. Terutama saat pasar sedang bergejolak seperti yang terjadi pada 2020 lalu.

Akibat pandemi Covid-19, harga saham anjlok sehingga banyak yang menjual hampir seluruh sahamnya. Melihat fenomena tersebut, pasti Anda merasa terancam dan berniat untuk menjualnya juga, bukan? Ditambah media yang memberitakan agar para investor segera melelang sahamnya.

Padahal yang diperlukan adalah melakukan riset dengan cermat dan menaruh keyakinan atas pengamatan tersebut meskipun harga saham sedang jatuh.

Menguasai Laporan Keuangan

Selain mental, penguasaan terhadap laporan keuangan adalah hal yang paling penting selanjutnya dalam belajar fundamental analysis. Bahkan bisa dikatakan jika aspek ini adalah kuncinya.

Dalam menganalisis laporan keuangan, terdapat beberapa teknik analisis yang dianjurkan, yaitu:

  • Asset and Liability
  • ROE (Return of Equity)
  • Analisa Cash Flow
  • Hutang Bank
  • EPS (Earning per Spare)

Untuk mempermudah Anda memahaminya, fokus pada beberapa saham yang memang Anda minati. Kemudian kuasai dengan baik agar dapat maksimal dalam menentukan keputusan jual beli saham.

Melihat Histori Perusahaan

Selanjutnya yaitu analisa saham perusahaan. Apa yang dimaksud analisis saham adalah mengulik perusahaan berdasarkan kinerjanya selama ini. Pilihlah perusahaan yang dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Jika yakin akan prospeknya, Anda tentu tidak akan mudah tergiur untuk melakukan penjualan saham ketika sewaktu-waktu harga sahan anjlok.

Tidak hanya menelisik histori perusahaan saja. Tetapi, akan lebih baik lagi jika Anda berkecimpung dalam bidang yang sama dengan bisnis perusahaan yang sedang diinvestasikan. Dengan begitu Anda bisa fokus hanya dalam satu jenis saham saja.

Membandingkan Harga dengan Saham Lain

Contoh analisis fundmental saham lainnya yaitu mengacu pada harga wajar saham, terutama ketika Anda berada dalam kebingungan apakah lebih baik menjual atau membeli saham.

Sebagus apa pun perusahaan tertentu, belilah saham di rentang harga paling tepat. Untuk dapat menentukannya, Anda memerlukan acuan sebagai pembanding, yaitu berdasarkan harga terhadap nilai buku perusahaan atau nilai laba bersih per lembar saham.

Mempercayakan Kinerja Manajemen Saham

Setelah memperlajari semua fundamental di atas, terakhir adalah membiarkan manajemen perusahaan yang Anda pilih untuk memprosesnya.

Sekelas perusahaan yang solid dan prospektif pasti memiliki orang-orang terbaik untuk mengelola dana para investor. Sebagai pemegang saham, Anda tidak perlu ketar-ketir mengecek pergerakan saham setiap hari. Cukup tunggu hasilnya melalui laporan yang dikeluarkan di tiap kuartal.

Belajar fundamental analysis sangat dianjurkan untuk Anda yang berencana menjadikan saham sebagai investasi jangka panjang. Mulai dengan mempelajari satu per satu informasi yang telah diringkas dalam lima poin di atas.

Jangan lupa untuk terus update wawasan trading Anda melalui website belajar saham online dan tetap berpedoman pada buku analisis fundamental saham yang diterbitkan oleh OJK.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.