5 Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses

  • Share
Belajar Trading Saham Dari Nol

Bisa dikatakan jika saat ini saham menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dijadikan pilihan. Adanya gambaran keuntungan dalam jumlah yang besar dengan cara yang cukup mudah menjadi dasar banyaknya masyarakat yang tertarik untuk belajar trading saham.

Oleh karenanya, bagi Anda yang masih pemula, belajar trading saham dari nol adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Dengan begitu, investasi saham yang dilakukan bisa berjalan lancar dan keuntungan didapatkan akan maksimal.

Nah, di sini Anda bisa mencari tahu bagaimana cara belajar melakukan trading dari nol hingga nantinya Anda akan mendapatkan kesuksesan. Penasaran? Simak ulasannya!

Pengertian Trading Saham

Apa itu trading saham? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh pemula yang baru terjun di dunia trading saham. Secara singkat, pengertian dari trading saham adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh mereka yang terjun ke dunia saham.

Tentu saja, proses jual beli saham tersebut memiliki konsep yang sama dengan transaksi pada umumnya. Hanya saja, dalam trading saham diperlukan proses analisis untuk memilih mana saham yang sekiranya akan menguntungkan dalam transaksi tersebut.

5 Cara Belajar Trading Saham

Sebagaimana disinggung di awal, terutama untuk pemula, belajar trading dari nol adalah hal yang sangat penting dilakukan demi bisa mendapatkan kesuksesan dari kegiatan trading saham tersebut. Nah, terkait cara untuk belajar trading saham, ada beberapa hal yang cukup mendasar dan penting untuk dilakukan.

Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Membaca buku

Buku adalah jendela segala ilmu, termasuk yang berkaitan dengan trading saham. Oleh karenanya, ketika Anda ingin belajar tentang trading saham, maka membaca buku tentang trading saham adalah salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan. Dengan membaca, Anda akan mendapatkan beragam informasi penting terkait aktivitas trading saham.

Saat ini, ada begitu banyak buku trading saham yang tersedia di pasaran dan bisa dijadikan referensi. Tentu saja, sebagai pemula, Anda sebaiknya memilih buku belajar saham dari nol yang cenderung lebih mudah untuk dipelajari.

Selain mempelajari beragam istilah dalam trading saham, Anda juga bisa mempelajari langkah yang perlu dilakukan terkait trading saham. Baca beberapa buku untuk mendapatkan referensi yang lebih maksimal.

Memilih sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil

Perlu diketahui bahwa ketika hendak melakukan trading saham, maka Anda harus memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas inilah yang nanti akan menjadi penghubung atau broker dari transaksi saham.

Selain memperhatikan layanan dan fitur yang diberikan, perhatikan pula biaya transaksi yang dibebankan. Biaya transaksi ini adalah tambahan biaya yang dibebankan untuk pembelian atau penjualan saham. Semakin kecil biaya transaksi yang dibebankan, tentu keuntungan yang didapatkan akan lebih besar.

Memilih saham di indeks LQ45 atau IDX30

Saat hendak melakukan trading, tentu Anda harus memilih saham yang tepat. Nah, sebagai pemula, Anda sebaiknya memilih saham yang ada di indeks LQ45 ataupun IDX30. Hal ini sangat beralasan, karena indeks tersebut menyediakan saham dengan likuiditas yang tinggi serta fundamental perusahaan yang baik dan termasuk saham unggulan.

Membeli saham consumer goods

Setelah melihat indeks LQ45 atau IDX30, Anda bisa memilih saham yang akan dibeli. Untuk pemula, ada baiknya jika Anda membeli saham consumer goods atau perbankan. Ide trading saham ini sangat tepat karena produk perbankan banyak digunakan masyarakat sehingga ada peluang pertambahan nilai yang cukup signifikan setiap tahun.

Menentukan jenis trading saham

Trading saham memerlukan strategi yang tepat demi bisa mendapatkan kesuksesan. Oleh karenanya, Anda perlu menentukan jenis trading saham yang akan digunakan.

Secara umum, ada dua opsi trading saham, yaitu cara perdagangan aktif dan cara trading saham harian. Perdagangan aktif adalah transaksi sekitar 10 kali atau lebih setiap bulan dengan proses analisis dan pembacaan pasar yang lebih dalam. Sedangkan pada trading harian, trader biasanya akan memanfaatkan celah dari selisih nilai saham.

Dari beberapa poin di atas, ada beberapa cara yang perlu diterapkan untuk mempelajari trading saham. Tentu, cara di atas bukanlah poin yang mutlak. Artinya, ada banyak cara lain yang bisa diterapkan, termasuk mengikuti kelas saham. Hanya saja, untuk mendapatkan kesuksesan dari trading saham, Anda perlu mempelajarinya dengan rajin.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.