10 Cara Analisa Fundamental Saham

  • Share
cara analisa fundamental saham

Ketika membicarakan tentang dunia saham, maka pembahasan tidak bisa dijauhkan dari analisis fundamental saham. Hal ini dikarenakan analisis fundamental merupakan bagian dari cara investasi di pasar modal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan juga iklim investasi yang cenderung lebih aman.

Sebagaimana diketahui, saham menjadi instrumen investasi yang banyak dipilih karena menjanjikan high return atau keuntungan yang besar. Hanya saja, tanpa mengetahui cara analisa fundamental saham, tentu keuntungan investasi saham yang besar tersebut bisa jadi hanya angan-angan semata.

Pengertian Analisis Fundamental Saham

Dalam bahasan singkat, analisis fundamental saham adalah langkah penting yang dilakukan untuk persiapan investasi saham demi mendapatkan keamanan investasi serta keuntungan yang maksimal. Analisis ini menggunakan laporan keuangan sebagai dasar pertimbangan trading saham.

Selain itu, setidaknya ada 3 hal penting terkait laporan keuangan sebagai pertimbangan, yaitu:

  1. Melakukan evaluasi dan pemantauan pada saham secara rutin untuk melihat kelayakan saham
  2. Menetapkan acuan harga saham secara wajar sebagai patokan untuk melakukan jual dan beli saham
  3. Melakukan penilaian kinerja serta kondisi perusahaan yang bagus dan konsisten untuk menghindari kerugian

Tentu, selain poin mendasar tersebut nantinya ada cara analisis fundamental yang juga perlu diterapkan. Kombinasi keduanya akan memberikan kenyamanan investasi saham dalam jangka panjang.

10 Cara Analisa Fundamental Saham

Sebagaimana disinggung di awal, analisis saham adalah hal yang penting dilakukan untuk mendapatkan iklim investasi saham yang lebih aman dan kondusif. Nah, terkait cara analisis fundamental saham, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan secara mendalam, yaitu:

  • Memilih perusahaan yang solid dan bagus

Untuk mendapatkan prospek investasi saham jangka panjang yang cerah, maka wajib bagi Anda untuk memilih perusahaan yang solid dan bagus. Hal ini penting agar risiko kerugian bisa dikurangi. Cara memilih perusahaan yang bagus adalah dengan mempelajari laporan keuangan mereka minimal 5 tahun ke belakang.

  • Membuat nilai acuan saham yang tepat

Acuan nilai saham yang tepat nantinya akan membuat Anda lebih mudah untuk melakukan transaksi saham. Terkait nilai acuan saham, Anda bisa mempelajari bahasan tentang relative valuation dan intrinsic valuation.

  • Margin of safety

Ketika hendak melakukan analisis saham, maka buat buffer guna melakukan antisipasi terkait ketidakpastian di masa depan. Misalnya saja, pertimbangkan hal yang bakal terjadi di masa depan yang akan berpengaruh pada harga saham.

  • Menguasai laporan keuangan

Menguasai laporan keuangan perusahaan adalah contoh analisis fundamental saham yang sebaiknya Anda terapkan. Dalam hal ini, pahami beragam istilah tentang laporan tersebut, seperti asset and liability, earning per share, return on equity dan lainnya.

  • Pembayaran deviden yang lancar

Deviden adalah keuntungan yang didapatkan oleh pemegang saham. Sebelum menentukan saham mana yang akan dibeli, pastikan jika perusahaan terpilih memiliki sistem pembayaran deviden yang transparan dan lancar.

  • Memastikan sumber informasi

Ketika melakukan sebuah analisis fundamental, penting bagi Anda untuk memastikan validitas sumber informasi, terutama terkait kinerja keuangan, latar belakang perusahaan, corporate action dan lainnya. Di sini Anda bisa membaca laporan keuangan yang tersedia di situs Bursa Efek Indonesia.

  • Stock screener

Stock screener adalah perangkat yang disediakan oleh broker guna melakukan seleksi pada saham berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria tersebut umumnya adalah market cap, deviden dan lainnya. Gunakan perangkat ini untuk melakukan analisis fundamental saham.

  • Long-term

Perspektif investasi jangka panjang perlu dijadikan acuan. Dalam hal ini, jika investor berprinsip pada investasi jangka panjang dan memilih perusahaan dengan track record baik, maka keuntungan yang ia dapatkan akan semakin maksimal.

  • Sabar

Kesabaran juga penting dimiliki ketika melakukan analisis fundamental.  Anda harus benar-benar bersabar dan menunggu kinerja dari manajemen perusahaan. Cek kinerja perusahaan melalui laporan keuangan tiap kuartal.

  • Menyiapkan mental

Trader disarankan membeli saham ketika harga cenderung turun bahkan anjlok. Hal ini dikarenakan adanya peluang keuntungan jika nilai saham naik. Hanya saja, hal semacam ini memerlukan mental dan keyakinan yang kuat.

Berbekal beberapa poin di atas, Anda bisa mencoba melakukan analisis fundamental saham sebagai langkah awal sebelum melakukan investasi saham. Namun, untuk pemula, tambah referensi dengan mempelajari buku analisis fundamental saham atau mengikuti kelas saham terbaik untuk hasil analisis yang lebih tepat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.