Panduan Cara Membeli Saham Antam Bagi Pemula

  • Share
Cara Membeli Saham Antam

Untuk seseorang yang berkecimpung di dunia investasi saham, bisa dikatakan jika saham PT. Antam atau ANTM adalah salah satu komoditas saham yang penting untuk dimiliki. Ya, harga emas yang cenderung naik serta stabilitas Antam yang sangat baik membuat investasi saham Antam sangat menguntungkan dan memiliki risiko yang relatif rendah.

Tetapi, bagi Anda yang masih pemula mungkin belum mengetahui bagaimana cara beli saham Antam. Tentu, pengetahuan tentang cara membeli saham ini akan membantu Anda memulai investasi saham demi mendapatkan keuntungan besar di kemudian hari.

Lantas, bagaimana cara beli saham Antam untuk pemula? Simak ulasannya!

Cara Membeli Saham Antam Online

Sebenarnya, untuk membeli saham Antam, Anda bisa melakukannya sebagaimana prosedur pembelian saham lainnya. Namun, untuk memudahkan Anda yang masih baru di dalam dunia investasi saham, berikut beberapa langkah terkait cara beli saham Antam online yang perlu Anda pahami.

  • Membuka rekening saham dan melakukan deposit

Langkah pertama sebelum Anda melakukan membelian saham Antam adalah membuat rekening saham terlebih dahulu. Daftarkan diri Anda ke suatu sekuritas atau broker. Pilihan broker yang tersedia saat ini pun cukup banyak. Namun, pastikan jika Anda memilih broker dengan fasilitas software online trading yang memadai dan mudah untuk digunakan.

Setelah rekening saham selesai dibuat, biasanya dalam waktu 1 hingga 3 hari Anda akan mendapatkan email konfirmasi berisi data pribadi termasuk username, password, pin, RDN dan lainnya. Nah, setelah proses di atas selesai, lakukan deposit terlebih dahulu. Dana deposit inilah yang akan dilakukan untuk transaksi.

  • Masuk ke software online dan memilih menu trading

Jika Anda sudah memiliki akun pada sekuritas tertentu, selanjutnya install software trading sesuai dengan sekuritas tersebut. Umumnya, software ini gratis dan bisa digunakan sepuasnya.

Nah, untuk membeli saham Antam, login ke software menggunakan akun yang sudah terdaftar melalui kantor sekuritas ataupun melalui platform online tadi. Jika sudah, masuk ke menu trading yang sudah disediakan di dalamnya.

  • Mengatur pembelian saham

Apabila Anda sudah berada di menu trading, Anda perlu mengatur pembelian saham terlebih dahulu. Nah, untuk membeli saham Antam, maka Anda harus mencari saham tersebut dengan menggunakan kode ANTM.

Setelah itu, Anda akan melihat adanya ikon buy yang terletak di area sebelah kiri. Klik ikon Buy tersebut dan Anda akan diarahkan menuju ke laman New oOder.

Pada bagian inilah pembelian saham Antam dapat dilakukan. Pilih kode Antam yaitu ANTM dan akan terlihat tampilan dari transaksi bid offer yang tergambar dari harga saham.

Kemudian, cek pada menu price and lots yang ada di bagian bawah sebelah tengah. Kedua opsi ini digunakan untuk mengatur harga dan banyak saham atau lots yang akan dibeli sesuai keinginan awal. Perlu diketahui bahwa kelipatan pembelian adalah lots yang artinya sama dengan 100 lembar saham.

Setelah Anda menentukan jumlah lots yang akan dibeli maka akan muncul total harga saham. Misalnya saja, ketika Anda hendak membeli saham Antam sebanyak 10 lots dengan harga satuan Rp 600, uang yang harus disiapkan adalah Rp 600 x 10 lots x 100 lembar dengan hasil Rp 600.000.

Nilai transaksi tersebut nantinya akan ditambahkan dengan biaya transaksi dari perusahaan sekuritas. Hal inilah yang membuat Anda bukan hanya harus belajar cara beli saham tetapi juga wajib mengetahui cara memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang kecil.

Jika pengaturan pembelian saham tersebut sudah selesai, maka Anda hanya tinggal mengklik opsi send untuk melakukan pembayaran. Setelah langkah tersebut, kini Anda sudah memiliki saham Antam sejumlah lots yang Anda masukan tadi.

Sekilas, cara beli saham online bisa dikatakan cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja, ada baiknya jika Anda melakukan analisis terlebih dahulu sebelum menentukan jumlah lots yang akan dibeli. Hal ini penting karena investasi saham tentu memiliki risiko. Ya, meskipun Antam termasuk perusahaan bonafide dan stabil, namun bisa saja harga saham perusahaan ini turun.

Nah, untuk mematangkan pengetahuan tentang dunia investasi saham dan bagaimana detail cara membeli saham, Anda bisa mengikuti kelas saham online terlebih dahulu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.