Simak Cara Menjadi Full Time Trader

  • Share
cara menjadi full time trader

Full time trader merupakan salah satu pilihan pekerjaan yang menjanjikan. Cara kerja juga fleksibel membuat para trader dapat bekerja kapan saja dan di mana saja. Sangat cocok untuk Anda yang bosan dengan aturan karyawan kantor “9-5”.

Hanya saja, meski kebebasan dan keuntungan yang dihasilkan menggiurkan, risiko besar selalu menanti di depan. Salah kesalahan dalam mengambil langkah pun menjadi bencana besar. Jadi, sebelum memutuskan untuk beralih menjadi trader penuh waktu, Anda bisa mempelajari cara menjadi full time trader yang benar terlebih dahulu.

Cara Menjadi Full Time Trader

  • Persiapkan Modal

Hidup dari hasil trading sangat mungkin asalkan aspek satu ini sudah diperhitungkan dengan baik. Ya, hampir semua orang yang telah memiliki pengalaman jadi full time trader pun menyarankan demikian. Modal harus disiapkan dalam jumlah tertentu.

Agar lebih mudah menghitungnya, gunakan rumus berikut:

M = 100 : P x KH

M adalah modal sebelum beralih jadi full time trader, P merupakan persentase profit trading yang didapat, dan KH adalah jumlah rupiah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Semisal, Anda membutuhkan biaya hidup 5 juta per bulan. Lalu kemungkinan cuan trading sudah diprediksikan sebesar 5% per bulan. Jadi, modal trading yang harus dipersiapkan adalah:

M = 100 : P x KH = 100% : 5% x Rp5 juta = Rp100 juta

Akan lebih baik mempersiapkan modal lebih besar daripada perkiraaan di atas karena profit trading saham full time belum tentu tercapai sesuai dengan prediksi.

  • Dasar Personal Finance yang Kuat

Selain kuat modal, pastikan juga kesehatan kondisi keuangan Anda. Sehat yang dimaksud adalah terbebas dari segala hutang.

Jika pun ada cicilan, Anda sudah mempersiapkan alokasi dana lain untuk mengurus pengeluaran ini, termasuk angsuran asuransi. Dengan begitu, Anda jadi lebih fokus dalam melakukan trading yang penuh dengan ketidakpastian.

  • Sisihkan Modal Hidup

Cara menjadi full time trader selanjutnya adalah menyisihkan dana khusus untuk biaya hidup. Karena trading prinsipnya sama dengan bisnis maka dibutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dana yang harus dipersiapkan harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan menjadi trader penuh waktu. Minimal untuk 6 bulan ke depan. Hal ini dikarenakan trading memerlukan fokus yang sangat tinggi.

Jika hal mendasar tidak dipersiapkan dengan baik, dikhawatirkan akan mengganggu pikiran yang secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan saat trading.

Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan total pengeluaran Anda selama 6 bulan. Jika Anda membutuhkan Rp5 juta per bulan, maka dalam tabungan harus ada minimal Rp30 juta. Jumlah yang lebih besar akan lebih baik, misalnya dikalikan 12 bulan.

  • Siapkan Mental

Selain modal, mental juga harus dipersiapkan karena profesi ini membutuhkan emosi yang mendalam. Dengan kata lain, dibutuhkan kesiapan untuk berkomitmen penuh pada pekerjaan yang berisiko ini.

Di lain sisi, Anda memiliki kebebasan secara penuh baik waktu maupun aturan dalam bekerja. Sayangnya keleluasaan ini rentan akan ketidakdisiplinan.

Meskipun tidak ada aturan, disiplinkan diri menjalani pekerjaan sesuai dengan strategi yang telah direncanakan. Dengan begitulah Anda akan mendapatkan penghasilan secara konsisten.

  • Pengetahuan yang Cukup

Meskipun ada di urutan paling akhir bukan berarti pengetahuan bisa dipersiapkan belakangan. Justru inilah yang harus Anda persiapkan sejak awal dengan matang. Jika ilmunya sudah mantap, proses trading pun akan jadi lebih mudah.

Anda bisa memulai dengan mencari tahu dasar-dasar cara trading yang benar melalui buku tentang saham. Kemudian, pelajari tentang analisis teknikal. Ikuti program kursus saham terbaik supaya rencana Anda menjadi seorang full time trader yang lebih jelas dan terarah.

Terapkan semua cara menjadi full time trader yang sudah dijelaskan di atas sebelum Anda memutuskan untuk menggantungkan hidup pada pekerjaan ini. Butuh persiapan yang sangat matang, mulai dari modal, faktor psikologis, hingga pengetahuan cukup tentang trading saham.

Akan lebih baik lagi jika Anda telah mempersiapkan rencana cadangan apabila ternyata penghasilan trader Indonesia yang didapat tidak sesuai dengan target.

Dari penjelasan di atas, mungkin kelihatannya tidak mudah menjadi seorang full time trader. Namun jika Anda telah memenuhi tahapan di atas dengan baik, bukan tidak mungkin akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.