5 Langkah Mudah Cara Trading Online Pemula

  • Share
cara trading online pemula

Melakukan trading online dapat berpotensi memberi keuntungan secara singkat. Anda hanya perlu memperjualbelikan instrumen yang menjanjikan, dan salah satu yang paling cocok untuk pemula adalah saham.

Namun sebelum terjun dalam dunia saham, ada baiknya Anda mengetahui cara trading online pemula yang benar, mengingat risiko yang mengintal juga cukup tinggi.

5 Langkah Mudah Trading Online Untuk Pemula

Jika Anda berniat menjadi seorang trader saham, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Kuasai Ilmu Dasar Tentang Saham

Langkah paling pertama yang harus Anda siapkan sebelum bergelut dalam bisnis saham adalah belajar trading online melalui artikel saham terbaru yang ada di internet.

Kemudian, perluas wawasan dengan membaca buku-buku saham dari tokoh-tokoh trader yang telah sukses dan berpengalaman dalam bidang tersebut. Dari sini, Anda akan mendapatkan banyak tips dan trik terjamin hasil dari pengalaman para trader ahli.

Sayangnya, pengetahuan tadi akan jalan di tempat kecuali Anda berdiskusi. Maka dari itu, bergabunglah dalam sebuah komunitas atau forum online. Untuk ke tahap yang lebih serius dan berdampak pada proses belajar, ikuti seminar atau pelatihan trading yang cocok untuk pemula.

  • Tentukan Jenis Trading yang Sesuai

Menentukan jenis trading sangat penting untuk mencapai tujuan Anda. Dalam saham, terdapat dua jenis perdagangan. Pertama, perdagangan aktif yakni di mana para investor melakukan lebih dari 10 kali dalam sebulan. Pasar ini sangat bergantung pada peristiwa jangka pendek dan pengaturan waktu perdagangan sehingga dapat menghasilkan keuntungan lebih cepat.

Sedangkan yang kedua adalah perdagangan harian yang dilakukan dengan cara membeli, menjual serta menutup posisi saham dari satu hari perdagangan tunggal. Keuntungan yang dihasilkan bisa dihitung dalam hitungan jam atau hari berikutnya berdasarkan pergerakan harga saham harian.

  • Memilih Akun Pialang Terbaik

Langkah selanjutnya untuk menjadi seorang trader online adalah memilih pialang, yaitu perusahaan yang melakukan perdagangan atas nama Anda melalui sebuah akun.

Sangat disarankan untuk memilih broker saham dengan layanan terbaik, mengingat pialang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap akun yang telah Anda daftarkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap broker memiliki ketentuan yang berbeda-beda perihal aturan serta biaya pengelolaan saham. Akan tetapi, ada juga pialang yang tidak memberikan biaya untuk saham  individu. Untuk memastikannya, cek secara langsung melalui website resmi broker saham terkait.

Anda bisa mulai mencarinya lewat internet. Pastikan Anda memilih broker dengan rating terbaik. Kemudian, sesuaikan dengan jenis trading yang Anda pilih. Supaya lebih terjamin, hubungi relasi yang Anda dapatkan dari forum atau seminar untuk meminta rekomendasi pialang aman dan terpercaya khususnya untuk trading pemula modal kecil.

  • Pelajari Saham yang Akan Diperdagangkan

Memilih pialang sudah, cara trading online pemula berikutnya yaitu menentukan saham apa yang ingin Anda perdagangkan di pasar modal.

Pergerakan harga saham ini bersifat fluktuatif sehingga tidak dapat dipastikan peningkatan dan penurunannya. Anda dapat meminimalisir risiko tersebut dengan mempelajari riwayat perusahaan.

Cek menggunakan rasio analisis keuangan, lalu bandingkan kinerja perusahaan satu dengan yang lainnya secara ekstensif. Pelajari kondisi masing-masing perusahaan serta analisa apa saja faktor eksternal yang dapat memengaruhi nilai saham dari perusahaan tersebut.

  • Tentukan Anggaran

Jika sudah mantap dengan saham pilihan Anda, selanjutnya tentukan anggaran. Dengan menentukan anggaran, Anda akan mendapatkan prediksi keuntungan yang diharapkan.

Karena anggaran investasi sangat berpengaruh, perhitungkan dengan benar agar nominalnya tidak melebihi batas wajar. Pastikan Anda telah membaginya sebaik mungkin.

Namun ada satu hal yang harus dihindari, yaitu penggunaan portofolio lebih dari 10% yang kemudian dialihkan ke saham individu. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat kondisi tabungan Anda menjadi tidak sehat.

Himbauan kedua mengenai anggaran yang harus Anda perhatikan adalah dana darurat. Jangan masukkan semua sumber penghasilan menjadi modal trading. Pastikan Anda telah mempersiapkan simpanan cadangan untuk 6 bulan kedepan termasuk biaya angsuran.

Demikianlah cara trading online pemula supaya aktivitas trading Anda berjalan dengan lancar. Sesuai dengan anjuran di atas, yakni mulai dari memperkaya wawasan tentang saham, menentukan jenis trading, memilih broker, mempelajari saham hingga menetapkan anggaran.

Agar hasilnya maksimal, pelajari juga tips lainnya mengenai beberapa cara trading yang simpel tapi untung dalam  artikel saham terbaru.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.