Berapa Lama Saham Disuspend? Cari Tahu Yuk!

  • Share
jangka waktu suspend saham

Niat cuan di pasar modal saham malah berujung suspensi? Ini merupakan kejadian tak terduga yang kerap dialami oleh para investor. Tentu saja hal tersebut sangat menjengkelkan apalagi jika Anda belum lama memulai investasi.

Lalu, berapa lama jangka waktu suspend saham akan terjadi?

Bagi Anda yang belum pernah mengalami hal tersebut sebaiknya ketahui dari sekarang mengenai suspend saham beserta penyebabnya.

Pengertian Suspend Saham

Kata “suspend” merupakan status di mana sebuah saham perusahaan dibekukan sementara di pasar modal. Lebih tepatnya diberhentikan oleh badan pengurus aktivitas perdagangan saham Bursa Efek Indonesia (BEI).

Apabila saham Anda mengalami suspend, artinya Anda merugi karena tidak dapat memperdagangkan saham tersebut sampai status tersebut dicabut oleh BEI. Setelah statusnya berubah menjadi unsuspend, Anda diperbolehkan memperdagangkan saham kembali ke bursa efek.

Selama suspensi, perusahaan pemilik emiten saham Anda akan mendapatkan sanksi berikut:

  1. Teguran dan peringatan secara tertulis
  2. Larangan aktivitas perdagangan di bursa suspend sementara
  3. Pencabutan keanggotaan bursa efek
  4. Tagihan denda maksimal Rp500 juta

Jangka Waktu Suspend Saham

Di balik rincian sanksi yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat investor yang ketar-ketir dengan pertanyaan yang terus muncul, yakni berapa lama saham di suspend?

Sebenarnya belum dapat dipastikan kapan statusnya akan unsuspend. Bahkan, ada perusahaan saham yang tersuspensi hingga 2 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan dibuka hanya berselang waktu beberapa hari atau minggu saja.

Nasib saham suspend tergantung dari pelanggarannya serta kebijakan lembaga BEI sebagai pemilik otoritas penuh atas suspensi yang diberikan. Jadi, ketika masalah ini terjadi pada saham yang Anda miliki, sebaiknya tenang terlebih dahulu dan cari tahu penyebab suspend saham.

Penyebab Suspend Saham

Pemberian suspend oleh BEI merupakan sebuah kesempatan agar pelaku pasar dapat mengevaluasi setiap keputusan investasi yang menyimpang. Beberapa pelanggaran tersebut berupa:

  • Terjadi UMA (Unusual Market Activity)

Ini merupakan sebuah keadaan di mana harga saham bergerak dalam aktivitas tidak wajar dalam kurun waktu tertentu. Kondisi ini dinilai mengganggu perdagangan efek yang efisien dan teratur. Sebelum ditangguhkan, biasanya perusahaan akan diberikan status suspend terlebih dahulu.

  • Saham Gorengan

Penyebab suspensi saham selanjutnya yakni dikarenakan saham gorengan yang hanya menawarkan cuan cepat dengan kinerja dan valuasi yang buruk. Jangka waktu suspend saham ini sudah dapat dipastikan akan berlangsung lama, bahkan bisa sampai bertahun-tahun.

  • Sering Terkena Auto Reject

Saham dengan kondisi auto reject merupakan sinyal bahwa perusahaan saham sedang dalam kondisi tidak wajar sehingga patut untuk ditangguhkan.

  • Masalah Internal Perusahaan

Sesuai dengan peraturan suspend saham, sebuah perusahaan bereputasi baik tidak memiliki masalah hutang berkepanjangan dan tidak juga menyembunyikan suatu kebijakan kepada publik. Apabila memiliki kedua masalah tersebut, sudah bisa dipastikan jika ada sesuatu yang mencurigakan sehingga harus segera ditindak suspend.

Pertama, soal piutang. Jika penyelesaian hutang masih belum jelas, dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran operasional perusahaan dan berdampak pada kinerja perusahaan.

Kedua, masalah kebijakan yang tidak diungkap ke publik. Semisal perusahaan melakukan merger atau akuisisi, namun tidak diberitahukan ke publik. Akhirnya menjadi rumor dan membuat pergerakan harga menjadi tidak wajar. Kejanggalan kedua masalah internal ini akan memojokkan perusahaan ke dalam status suspend.

  • Kewajiban BEI Terabaikan

Terakhir yang membuat saham tersuspensi adalah karena mengabaikan kewajibannya kepada BEI. Pelanggaran ini bermacam-macam, seperti laporan keuangan, belum membayar biaya annual listing fee, terlambat membayar denda, dan masih banyak lagi.

Suspend yang diberikan BEI sebenarnya merupakan sinyal untuk memberitahukan Anda mana saham perusahaan yang bermasalah. Jika Anda masih berstatus sebagai investor saham pemula, sebaiknya perhatikan beberapa penyebab suspend saham di atas dengan baik. Analisa dengan jeli setiap emiten yang akan Anda investasikan.

Jika salah memilih bukan tidak mungkin Anda akan menderita kerugian. Mengingat jangka waktu suspend saham tidak dapat dipastikan. Kecuali jika perusahaan Anda memiliki riwayat yang bagus serta tanggap ketika mengalami suspend.

Jadi, salah satu cara terhindar dari terkena suspend ini adalah dengan menguatkan wawasan tentang saham. Jangan lupa membaca artikel investasi saham terbaru untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang saham demi menghindari risiko-risiko yang tidak diinginkan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.