Bagaimana Proses Penawaran Umum Saham? Berikut Penjelasannya

  • Share
option trading buat pemula

Dalam pasar modal, penawaran umum adalah salah satu proses penting yang harus dilalui sebuah perusahaan melalui perantara perdagangan efek. Informasi ini penting untuk Anda ketahui dalam menentukan investasi saham terbaik.

Proses penawaran perdana tersebut lazim disebut dengan istilah Initial Public Offering atau IPO, adalah kegiatan menawarkan kepemilikan perusahaan separuh atau sepenuhnya kepada para pemodal. Di mana ini merupakan cara terbaik mendapatkan modal. Dengan begitulah perusahaan dapat terus berekspansi tanpa harus menambah hutang.

Sesuai dengan peraturan pasar modal Bapepam-LK No.IX.A.2, untuk menjadikan sebuah perusahaan go public di bursa efek harus melalui empat tahapan. Untuk lebih detailnya akan dijelaskan dalam ulasan tentang mekanisme proses penawaran umum saham berikut ini.

Proses Penawaran Umum (Go Public)

Tahap Persiapan

Proses penawaran umum (go public) pertama identik dengan persetujuan. Sebelum menerbitkan emiten, perusahaan diharuskan meminta persetujuan dari para pemegang saham di RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Apabila disetujui, selanjutnya perusahaan penerbit emiten akan menunjuk Penjamin Emisi serta Profesi Penunjang Pasar Modal. Pihak-pihak tersebut sudah harus memiliki izin OJK karena mereka akan diberi tanggungjawab untuk mengelola data perusahaan selama menjalani proses menuju go public. Hal tersebut dilakukan tidak lain adalah demi kelancaran proses IPO.

Tahap Pengajuan Pernyataan Pendaftaran

Setelah persetujuan tahap awal selesai, berikutnya yaitu mengajukan pendaftaran. Dalam proses ini, perusahaan yang didampingi penjamin emisi membawa dokumen pemberkasan syarat IPO. Isi dari dokumen penawaran umum adalah berkas yang terdiri dari prospectus ringkas dan dokumen pendukung.

Prospektus ringkas memuat berbagai informasi mengenai calon emiten. Biasanya berupa profil, laporan keuangan, proyeksi kinerja, serta kinerja operasional perusahaan.

Bila pemberkasan sudah lengkap, dokumen akan diajukan ke OJK untuk diperiksa secara rinci. Data fakta apa pun yang tercantum dalam dokumen harus didukung dengan bukti konkret dan transparan. Jika semuanya sudah memenuhi persyaratan, OJK akan memberikan Pernyataan Pendaftaran efektif.

Tahap Penawaran Saham

Jika perusahaan telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK, mekanisme proses penawaran umum saham berikutnya adalah tahap penjualan. Ini merupakan tahap utama karena perusahaan sudah diperbolehkan untuk menjual sahamnya kepada para investor melalui penawaran umum atau IPO.

Pemodal bisa mendapatkan saham tersebut melalui agen penjual atau perusahaan efek yang tercantum dalam prospectus dengan masa penawaran dalam 3 hari kerja.

Di masa tersebut, saham yang dilepas tidak selalu memenuhi keinginan para investor. Semisal, perusahaan menjual 100 juta saham, dan ternyata saat IPO ada 170 juta saham yang diminta oleh seluruh investor. Jika investor tidak memeroleh saham di pasar penawaran tersebut dapat membelinya di pasar sekunder setelah saham dicatat di bursa efek.

Setelah ini, perusahaan akan dinyatakan dengan status Tbk (Perusahaan Terbatas), serta wajib mengikuti aturan keterbukaan yang berlaku di pasar modal. Dinyatakan bahwa semua laporan keuangan dan informasi mengenai kebijakan harus disampaikan perusahaan secara terbuka.

Tahap Pencatatan Saham di Bursa Efek

Pada tahap terakhir yakni melangsungkan pencatatan saham di BEI (Bursa Efek Indonesia). Agar bisa lolos di tahap ini, perusahaan harus memenuhi persyaratan yang berlaku karena terdapat kemungkinan penolakan. Semisal, penilaian didasarkan pada kinerja perusahaan dalam 3 tahun terakhir hingga  pemenuhan kewajiban perusahaan .

Berikut daftar persyaratan lengkap tahap pencatatan terakhir penawaran umum:

  • Perusahaan harus berbentuk PT (Perusahaan Terbatas)
  • Bidang usaha legal
  • Telah dinyatakan efektif oleh OJK di tahap pendaftaran
  • Nilai saham paling rendah Rp100.
  • Perusahaan tidak sedang dalam sengketa
  • Khusus industry pabrik telah memiliki sertifikat AMDAL, ecolabelling, serta jauh dari tindakan pencemaran

Hasil penilaian dan evaluasi akan diberikan paling lambat 10 hari sejak diterimanya dokumen. Selama penilaian, perusahaan akan diminta presentasi terkait rencana pencatatan saham. Lalu yang terakhir yaitu melakukan kunjungan langsung ke perusahaan tersebut.

Demikianlah serangkaian mekanisme proses penawaran umum saham yang ditutup dengan pencatatan dan penjualan saham perdana di BEI. Meskipun telah legal disetujui IPO di bursa efek, Anda khususnya investor pemula harus tetap berhati-hati dalam memilih investasi saham terbaik. Tidak semua saham yang ditawarkan dalam penawaran perdana bisa menghasilkan cuan.

Untuk dapat menentukan investasi saham cuan yang tepat, perbanyak membaca informasi mengenai IPO lainnya hanya di tempat belajar saham terbaik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.