Memahami Istilah Overweight Saham

  • Share
overweight saham adalah

Dalam dunai saham, terdapat banyak istilah yang harus dipahami oleh pemula sebagai bekal untuk terjun ke ranah investasi. Sayangnya, tidak semua pemula mau mempelajari dan memahami istilah-istilah tersebut secara mendalam.

Padahal, keliru dalam memahami istilah-istilah tentang saham akan menghambat Anda dalam berinvestasi. Semisal, dalam dunia saham terdapat kata “overweight”. Kemungkinan besar kata tersebut akan salah dimengerti, terutama oleh para investor pemula. Makna yang dimaksud bukanlah seperti yang dipikirkan oleh banyak orang tentang kelebihan berat badan.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai overweight saham adalah, dan beberapa istilah lain yang perlu Anda pahami.

Apa Itu Overweight?

Sebagian pelaku pasar pemula pasti bingung dengan overweight saham artinya apa. Istilah ini akan muncul apabila terdapat suatu saham yang diperkirakan akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari sekelompok saham lain yang menjadi patokannya.

Sebagai contoh, saham ABCD di sektor keuangan naik 20% atau lebih tinggi dibandingkan konsensus analisis. Padahal, fakta sektoral saham keuangan saat itu rata-rata mengalami kenaikan paling tinggi di angka 10% saja.

Jadi, overweight amat berpengaruh pada sektornya. Selain berpatok pada sektor, kondisi kenaikan berlebih itu juga dapat disebabkan oleh hasil persepsi dari berbagai informasi.

Istilah Lainnya Dalam Saham

Setelah mengetahui pengertian overweight saham, pahami juga istilah-istilah lainnya berikut ini.

  • Buy

Buy merupakan sebuah saran agar Anda segera membeli saham yang diperkirakan naik.

  • Sell

Ini merupakan istilah kebalikan dari kata sebelumnya, yakni menjual saham karena kondisi fundamental sekaligus teknikal kurang bagus sehingga saham sebaiknya dijual.

  • Hold

Jika ragu-ragu dengan keputusan antara membeli atau menjual saham, hold berada di tengahnya. Ini merupakan saran agar Anda tidak melakukan apa-apa. Dengan kata lain, disimpan saja dulu. Kata ini juga kerap digunakan untuk kondisi ketika Anda yang menunda dan menunggu waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi.

  • Wait And See

Sesuai dengan artinya, tunggu dan lihat nanti. Artinya, Anda harus menunggu dan memperhatikan situasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

  • Neutral

Neutral artinya tidak ada saran khusus untuk saham tersebut.

  • Strong Buy

Sama dengan kata buy yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya saja investor memiliki alasan kuat mengapa harus membeli saham tersebut. Saham ini biasanya memiliki potensi naik sangat tajam sehingga dipercaya broker dan para analisis.

Perbedaan lainnya antara strong buy dengan istilah buy biasa terletak pada durasi. Strong buy merupakan prediksi di mana saham akan mengalami kenaikan cukup signifikan dalam rentang waktu yang pendek sehingga harus segera dibeli.

  • Strong Sell

Sementara itu strong sell memiliki arti yang  berkebalikan dengan istilah strong buy. Saham strong sell  cenderung turun karena telah terjadi perubahan fundamental secara drastis.

  • Accumulate

Ini merupakan kondisi di mana Anda sebaiknya membeli saham secara bertahap atau akumulasi.

  • Add

Kata ini memiliki arti yang sama dengan istilah sebelumnya.

  • Reduce

Reduce dalam saham adalah anjuran agar Anda mengurangi kepemilikan saham yang sudah dipegang.

  • Trading Buy

Istilah ini digunakan untuk Anda yang bermain trading saham. Namun dari segi makna sama dengan “strong buy”, di mana sebuah saham diprediksikan akan mengalami kenaikan dalam jangka pendek.

  • Outperform

Merupakan istilah yang digunakan untuk mengatakan bahwa saham tententu mengalami kenaikan yang diperkirakan melebihi pasar indeks saham. Dari situlah kata market outperform kerap digunakan untuk mengatakan situasi ini.

  • Perform

Berbanding terbalik dengan outperform, perform artinya adalah naiknya harga sebuah emiten saham diperkirakan setara dengan indeks harga saham.

  • Underperform

Kalau istilah yang satu ini artinya saham yang diperkirakan cenderung anjlok jika dibandingkan dengan indeks harga saham.

  • Overweight

Overweight saham adalah sebutan untuk kondisi saham yang diprediksikan akan mengalami kenaikan melebihi saham lainnya dari sektor yang sama. Di sinilah perbedaan overweight dengan outperform. Overweight diukur berdasarkan sekumpulan saham dari industri yang sama.

  • Equalweight

Equalweight merupakan situasi saham yang kenaikannya diperkirakan akan naik, namun setara dengan kumpulan saham yang dijadikan tolak ukur.

  • Underweight

Istilah terakhir, underweight adalah kebalikan dari overweight, yang mana saham diduga akan mengalami penurunan dibandingkan saham lainnya dalam satu sektor yang sama.

Pahami daftar istilah saham di atas dari mulai overweight saham adalah sampai dengan underweight. Dengan mengetahui semuanya istilah tersebut, maka Anda akan lebih terbantu dalam mengambil keputusan.

Dapatkan informasi penting lainnya tentang saham hanya di web belajar saham.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.