Keunggulan dan Kelemahan Saham Preferen Bagi Investor yang Perlu Anda Ketahui 

  • Share
keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor

Saham merupakan salah satu instrumen dari investasi yang paling populer diantara jenis lainnya. Jenisnya cukup beragam namun terdapat salah satu jenis yang memiliki hak istimewa yakni saham preferen. Terdapat keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor yang sangat perlu untuk diketahui agar lebih tepat dalam memahami dan menggunakannya.

Secara umum jenis saham ini merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang dapat menghasilkan pendapatan untuk pemegangnya. Jenis ini akan memberikan prioritas yang lebih kepada pemiliknya terhadap aset dan laba perusahaan. Dibalik keuntungan dari aset dan labanya jenis saat ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.

Keunggulan Saham Preferen

Jenis ini memiliki berbagai kelebihan atau keunggulan yang cukup menjanjikan bagi para investor. Hal tersebut seringkali menjadi daya tarik bagi para investor untuk memilih jenis ini karena keuntungannya lebih menarik. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan atau keunggulan dari jenis saham preferen.

1. Pemegang Saham Didahulukan

Kelebihan saham preferen bagi investor salah satunya ialah setiap pemegang saham preferen akan lebih didahulukan untuk bisa mendapatkan keuntungan. Hal ini dapat terjadi pada saat perusahaan sedang mengalami likuidasi atau pembubaran.

Itu artinya tingkat kerugian yang diperolehnya lebih sedikit meskipun perusahaan mengalami pembubaran. Setiap pemilik saham dipastikan tetap memperoleh keuntungan pada saat proses likuidasi atau pembubaran perusahaan tersebut.

2. Investor Bisa Mendapat Keuntungan Ketika Ada yang Tersisa

Keunggulan berikutnya ialah para investor saham preferen bisa memperoleh keuntungan pada saat terdapat sisa dalam keuntungan. Meskipun sisa keuntungannya tidak begitu besar para investor masih tetap memperoleh keuntungan.

Saham preferen bagi investor merupakan salah satu sumber keuntungan yang menjanjikan. Meskipun situasinya kurang baik dan bahkan ketika ada yang tersisa investor masih bisa mendapatkan keuntungan bahkan menjadi prioritas.

3. Pemegang Saham Didahulukan dalam Pembagian Dividen

Pada saat pembagian dividen investor dari saham tersebut akan lebih diprioritaskan. Hal ini akan memastikan jika sebagai salah satu investor Anda dipastikan akan mendapat dividen yang sesuai bahkan lebih didahulukan. Sebelum investor lain maka Anda akan lebih dahulu mendapatkannya sesuai perhitungannya.

Berbagai kelebihan dari saham preferen ini sebenarnya bisa dipelajari dalam beberapa kelas saham. Anda bisa belajar saham gratis melalui paltform-platform terpercaya untuk memahami saham preferen dengan lebih mendalam.

Kelemahan Saham Preferen

Selain keunggulan, jenis saham ini juga memiliki kelemahan yang perlu Anda kenali dengan baik. Keunggulan dan kelemahan saham jenis ini sudah menjadi kesatuan yang akan selalu ditemukan dalam proses penggunaannya. Selanjutnya Anda bisa mengetahui mengenai kelemahan atau kekurangan dari jenis saham ini.

1. Sulit Diperjualbelikan

Kelemahan yang pertama dari jenis ini yaitu sulitnya untuk diperjualbelikan. Pada saat sudah menggunakan jenis ini selanjutnya Anda hanya perlu mengelolanya dengan baik karena tidak dapat diperjualbelikan.

Hal ini dikarenakan jumlah dari jenis saham preferen cenderung lebih sedikit. Jika diperjualbelikan otomatis pengelolaannya tidak akan dapat dimaksimalkan karena jumlahnya yang terlalu sedikit. Oleh karena itu, jika sudah memiliki maka perlu dikelola dengan baik tanpa memperjualbelikan.

2. Tidak Memiliki Hak Suara

Kelemahan saham preferen selanjutnya yaitu para pemegang saham tidak memiliki hak suara atau voting dalam RUPS. Mereka tidak dapat ikut menentukan kebijakan manajemen dari perusahaan tempat menanam saham.

Bahkan dalam proses pemilihan dewan komisaris dari perusahaan pemegang saham preferen juga tidak akan dilibatkan. Setiap proses tersebut hanya akan melibatkan pihak lain selain pemegang saham preferen. Untuk itu, hal ini sangat penting untuk Anda pahami agar tidak terjadi kesalahan dalam pengelolaan saham ini.

3. Pemegang Saham Tidak Dapat Membeli Kembali Saham

Para investor dari saham ini tidak bisa membeli kembali saham perusahaan jika sedang dibutuhkan. Hal ini memberikan batasan tersendiri bagi pemegang saham sehingga tidak dapat mengembangkan saham yang dimilikinya. Keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor memang cukup terlihat dalam poin ini.

Sebagai pemegang saham dari jenis ini maka Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menambah saham dengan cara membelinya di perusahaan tersebut. Jika ingin membeli kembali maka Anda bisa memilih jenis saham lainnya.

Itulah penjelasan mengenai keunggulan dan kelemahan saham preferen bagi investor yang sangat penting untuk diketahui. Keduanya merupakan hal yang tidak terpisahkan karena sudah menjadi identitas dari jenis saham ini. Dengan memahaminya maka Anda bisa lebih paham dan mampu menggunakan saham preferen dengan baik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.