Inilah 3 Keunggulan yang Diperoleh Investor dengan Membeli atau Memiliki Saham

  • Share
Keunggulan yang Diperoleh Investor dengan Membeli atau Memiliki Saham,

Saham menjadi salah satu aset yang cukup banyak diincar oleh berbagai kalangan saat ini. Ada berbagai keunggulan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham, sehingga tidak heran jika banyak kalangan yang ingin memiliki saham.

Saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang dilakukan investor dengan menanamkan modal pada sebuah emiten atau perusahaan. Bukan hanya investor personal, ada berbagai badan usaha atau perusahaan yang juga membeli saham atas nama perusahaan demi mendapatkan berbagai keuntungan.

Setiap instrumen investasi tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Adapun beberapa keunggulan yang bisa diperoleh dengan berinvestasi dalam saham diantaranya:

Potensi Memperoleh Capital Gain dan Dividen

Keunggulan membeli saham pertama yang bisa diperoleh para investor adalah adanya capital gain dan dividen yang bisa diterima di kemudian hari. Capital gain merupakan selisih antara harga beli saham dengan harga jual saham dan hanya bisa diperoleh investor saat menjual saham yang dimiliki.

Berbeda dengan capital gain, dividen bisa diperoleh meski investor tidak menjual saham yang dimiliki. Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh suatu emiten atau perusahaan kepada pemegang saham yang ada.

Dividen biasa dibagikan dalam periode waktu tertentu seperti tiga bulan atau satu tahun sekali setelah periode tutup buku. Dividen ini hanya dibagikan apabilan emiten memiliki laba perusahaan dan tidak akan dibagikan jika perusahaan mengalami kerugian. Anda bisa belajar saham melalui berbagai kelas dan platform untuk lebih memahami dividen dan capital gain dengan baik.

Capital gain dan dividen menjadi keunggulan yang bisa dirasakan oleh investor secara nyata serta bisa menambah aset yang dimiliki. Adanya kedua hal ini membuat instrument saham lebih banyak direkomendasikan bagi para investor.

Kepemilikan Sebagian Perusahaan

Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa saham merupakan salah satu bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Saat seorang investor membeli saham dari sebuah perusahaan maka otomatis investor tersebut akan menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut.

Keunggulan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham ini akan membuat investor tersebut dilibatkan dalam RUPS dan memiliki hak atas kepemilikan serta aset dalam perusahaan. Namun tentu hal ini hanya akan dirasakan jika Anda memiliki saham yang cukup besar di perusahaan tersebut.

Meski pada dasarnya setiap pemegang saham memiliki hak yang sama terhadap kepemilikan sebuah perusahaan, namun tidak semua pemilik saham dilibatkan dalam RUPS. Saat ini ada beberapa emiten yang menjual sahamnya dalam persentase yang kecil sehingga banyak investos atau kalangan masyarakat biasa yang membeli saham dalam persentase yang sangat kecil.

Beberapa investor kecil ini biasanya tidak dilibatkan dalam RUPS namun tetap memiliki hak yang serupa dalam hal kepemilikan saham. Dengan hak dalam kepemilikan perusahaan, Anda bisa mengetahui potensi laba dan kerugian yang dimiliki oleh perusahaan tersebut untuk menghitung prospek keuntungan di masa depan.

Potensi Kenaikan Aset

Keuntungan saham per bulan tergantung pada performa dari sebuah perusahaan. Saat performa perusahaan sedang berada pada taraf yang tinggi, maka keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi saham bisa sangat besar.

Hal ini tentu bisa membuat nilai aset yang dimiliki oleh investor naik dalam jumlah yang besar. Meningkatnya performa perusahaan bukan hanya memberikan keuntungan yang besar dalam bentuk laba bagi perusahaan namun juga keuntungan dalam bentuk aset bagi pemegang saham.

Namun tentu investor harus teliti saat akan membeli sebuah saham dari emiten tertentu agar keunggulan dari investasi saham ini bisa dirasakan dengan maksimal. Dengan memilih emiten yang tepat, potensi naiknya aset hasil investasi saham bukan lagi impian yang sulit digapai.

Itulah beberapa keunggulan memiliki saham yang bisa diperoleh saat Anda memilih emiten yang tepat. Investasi saham memang mampu memberikan potensi keuntungan yang cukup besar dan beragam, namun risiko kerugian yang dimilikinya juga cukup besar.

Untuk menghindari kerugian yang mungkin timbul dalam proses investasi saham, sangat penting untuk memahami dengan fasih berbagai informasi dan ilmu di dunia pasar modal. Dengan memahami dan mengikuti perkembangan dalam dunia pasar modal ini, maka proses investasi saham yang dilakukan bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

Keunggulan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham juga tergantung pada ketelitian saat memilih emiten yang sahamnya akan dibeli. Ketelitian melakukan transaksi investasi saham bisa menjadi penentu keuntungan yang akan Anda miliki.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.