Perlu Dipertimbangkan, Inilah Keuntungan Investasi Startup

  • Share
Keuntungan Investasi Startup
Person using tablet

Belakangan ini, perkembangan dari startup cukup menjanjikan sehingga mengundang investasi yang dilakukan secara besar-besaran di berbagai perusahaan. Mulai dari ecommerce, fintech, hingga pada layanan on demand yang semakin hari semakin banyak diminati. Diketahui bahwa investor dapat memperoleh keuntungan investasi startup yang cukup besar

Di dalam dunia bisnis tentu saja tidak akan asing dengan istilah investor. Investor ini merupakan orang yang menanamkan modal ke dalam suatu perusahaan atau usaha. Sifat investor ada yang aktif namun ada pula yang pasif. Tentu saja dari setiap jenis investor memiliki keuntungan serta kekurangannya masing-masing.

Berikut adalah keuntungan melakukan investasi atau menjadi investor.

Ikut Menjadi Pemegang Kepemilikan Perusahaan

Hal pertama yang menjadi keuntungan investasi adalah memperoleh saham yang merupakan menjadi bukti tentang kepemilikan perusahaan. Banyak kalangan masyarakat yang bahkan rela belajar saham online untuk mendapatkan keuntungan ini. Tentu saja investor akan ikut andil dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat oleh perusahaan. Selain itu, saham tersebut pun dapat dijual belikan dengan harga yang tentatif.

Investor pun akan ikut tercantum ke dalam bagan penanaman modal dan akan memperoleh keuntungan dari profit.

Menumbuhkan Uang

Investasi akan membuat uang menjadi lebih berkembang untuk dapat menghasilkan uang lebih. Yang membuat beberapa negara maju adalah tidak adanya uang nganggur atau aset yang nganggur. Orang-orang di negara maju lebih memilih untuk menginvestasikan uang dan menyewakan saham atau dikembangkan agar dapat lebih menghasilkan.

Dapat Memperoleh Cuan Tanpa Melakukan Apapun

Keuntungan investor startup selanjutnya adalah tetap dapat memperoleh keuntungan atau uang yang tanpa perlu melakukan apapun. Menanamkan modal sudah dapat memperoleh hak milik perusahaan. Sehingga keuntungan pun dapat diperoleh dari bagi profit yang dilakukan oleh perusahaan setiap tahunnya atau disebut dengan deviden.

Hal tersebut berlaku sebagai investor pasif. Sedangkan untuk investor aktif adalah investor yang aktif menanamkan modal sekaligus menjadi pengelola dari usaha tersebut. Biasanya investor aktif memiliki unit usaha yang dilakukan dengan skala yang kecil.

Risiko yang Ditanggung Lebih Rendah Dari Pemilik Perusahaan

Sebagai seorang investor, resiko yang akan ditanggung akan jauh lebih rendah apabila dari pemilik atau pemegang perusahaan itu sendiri. Sebagai investor akan tetap berpeluang memperoleh kerugian berupa kehilangan nilai saham atau kehilangan modal sebagian yang ditanamkan. Namun kerugian yang akan diperoleh akan sebanding dengan persentase saham yang dimiliki.

Uang Lebih Bermanfaat

Keuntungan uang yang diputar kembali akan lebih baik daripada uang yang ditabung. Hal tersebut merupakan istilah yang umum dari kalangan para investor. Tentu saja kejelian seorang investor untuk melihat peluang akan mendatangkan keuntungan. Sehingga uang yang dimiliki akan jauh lebih bermanfaat apabila dibandingkan dengan disimpan dalam rekening begitu saja.

Adapun keuntungan investasi startup akan berasal dari dividen atau sistem bagi hasil yang membuat keuntungan yang diperoleh akan beragam. Adapun besaran dividen yang diterima akan tergantung dengan jumlah saham dari investor perusahaan. Keuntungan tersebut pun dapat pula diperoleh ketika saham perusahaan tersebut dijual.

Apabila nilai startup tersebut meningkat, harga jualnya pun akan ikut naik apabila dibandingkan dengan saat saham pertama kali dibeli. Sehingga sebagai investor perlu mengenali dengan baik sistem investasi yang ada di perusahaan startup tersebut.

Biasanya, perusahaan startup memiliki skema investasi penyertaan modal yang dibarengi dengan kepemilikan saham dari perusahaan tersebut.  Sama seperti investor saham, investasi yang dilakukan di startup pun memiliki resiko yang cukup tinggi namun dengan keuntungan investasi startup yang tinggi.

Namun waktu yang diperlukan untuk memperoleh keuntungan tersebut cukup lama. Sehingga investor pun akan memperoleh keuntungan yang besar apabila nilai perusahaan tersebut meningkat disertai dengan kinerja yang positif.

Perusahaan startup biasanya memiliki karakteristik yang memiliki potensi yang dapat bertahan atau tidak karena mereka biasanya masih meraba-raba jalur bisnis yang dijalani. Sehingga karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan startup biasanya unik dan solutif, memiliki produk yang terfokus, mampu bertahan di tengah ketidakpastian, serta mampu untuk beradaptasi.

Itulah keuntungan investasi startup yang perlu untuk menjadi pertimbangan sebelum anda menjadi investor dari suatu perusahaan startup. Pengambilan langkah untuk menjadi investor memanglah memiliki resiko yang tinggi. Namun, dengan pemilihan yang tepat akan dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi pula.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.