3 Manfaat Bursa Efek Bagi Emiten Dari Segi Bisnis

  • Share
manfaat bursa efek bagi emiten

Pasar modal atau bursa efek menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah emiten. Posisi pasar modal bisa memengaruhi nilai saham sebuah emiten. Manfaat bursa efek bagi emiten juga bukan hanya sekedar patokan untuk penghitungan nilai saham saja.

Mengenal Emiten dan Bursa Efek

Bagi Anda yang baru mempelajari dunia investasi saham, tentu Anda harus memahami berbagai istilah seperti emiten, bursa efek, dan lain sebagainya. Emiten sendiri merupakan istilah yang disematkan pada semua pihak yang menjual saham secara terbuka berdasarkan aturan yang berlaku.

Mayoritas emiten biasanya berbentuk perusahaan yang mendaftarkan saham perusahaannya ke bursa efek atau pasar modal. Bursa efek sendiri merupakan sistem atau platform dimana seluruh emiten bisa menjual saham perusahaannya.

Dalam bursa efek, tidak hanya saham saja yang diperjualbelikan melainkan berbagai instrumen investasi lain seperti obligasi hingga reksadana. Bursa efek adalah platform yang juga sering menjadi patokan bagi para investor untuk mengetahui update harga saham dari emiten-emiten tertentu.

Manfaat Bursa Efek Bagi Emiten dan Investor

Setelah mengenal emiten dan bursa efek, tentu Anda juga harus mengetahui manfaat dari pasar modal dan pengaruhnya terhadap bisnis yang dijalankan oleh emiten tersebut. Setiap tindakan bisnis yang diambil oleh sebuah emiten pada dasarnya akan berpengaruh terhadap berbagai hal secara keseluruhan terutama keuntungan perusahaan tersebut.

Pada dasarnya pasar modal memberikan berbagai manfaat tersendiri baik bagi investor maupun bagi emiten yang mendaftar di dalamnya. Manfaat ini seringkali dipelajari dalam beberapa kelas saham online. Adapun beberapa manfaat pasar modal bagi sebuah emiten diantaranya :

Bursa Efek Menjamin Keamanan Transaksi

Saat ini telah banyak emiten yang membukan penawaran umum untuk kepemilikan saham perusahaanya. Dengan adanya kebijakan penawaran umum, masyarakat bisa dengan bebas membeli saham emiten tersebut meski dalam jumlah yang sedikit.

Namun meski penawaran umum ini memiliki berbagai manfaat, ada risiko ketidakamanan transaksi yang mungkin terjadi entah karena penipuan atau lain sebagainya. Agar penawaran umum ini bisa menghasilkan transaksi jual beli saham yang aman, maka melaksanakannya melalui pasar efek yang tepat merupakan solusi paling disarankan.

Bursa efek diawasi langsung oleh regulator khusus seperti BAPEPAM sehingga setiap transaksi yang ada di dalam pasar modal harus berjalan sesuai aturan undang-undang yang berlaku. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi emiten karena bisa membuat transaksi penjualan sahamnya lebih aman dari berbagai penipuan.

Jembatan Broker Jual Beli Saham

Manfaat bursa efek bagi emiten berikutnya adalah sebagai jembatan antara emiten dengan broker jaul beli saham. Seperti diketahui bersama bahwa proses jual beli saham antara emiten dengan investor jarang dilakukan secara langsung terutama jika jumlah saham yang dijual belikan sedikit.

Namun para investor bisa tetap membeli saham dalam jumlah sedikit melalui broker jual beli saham baik berbentuk situs maupun aplikasi smartphone. Agar broker bisa menjadi perantara proses investasi saham tersebut, maka broker jual beli saham ini harus bekerjasama terlebih dahulu dengan emiten yang ada.

Ada berbagai platform yang bisa menjadi lokasi pertemuan antara broker dengan emiten, salah satunya adalah pasar modal. Emiten bisa menjalin kerjasama dengan puluhan broker agar proses penawaran umum saham yang ada lebih mudah diakses oleh investor.

Solvabilitas Emiten Meningkat

Dengan bergabung di bursa efek Indonesia, emiten akan mendapatkan berbagai manfaat salah satunya adalah meningkatnya solvabilitas perusahaan. Solvabilitas yang tinggi tentu akan membuat reputasi perusahaan membaik.

Hampir setiap emiten terutama emiten berskala besar seringkali menggunakan dana pinjaman sebagai dana suntik untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Namun hanya emiten dengan solvabilitas yang tinggi yang bisa mendapatkan pinjaman berulang dengan mudah.

Agar solvabilitas ini berada dalam rasio yang tinggi, memasuki pasar modal bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan. Dengan memasuki pasar modal, neraca keuangan dan struktur modal perusahaan akan lebih tertata sehingga rasio solvabilitas bisa lebih meningkat.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh emiten setelah memasuki pasar modal. Pada dasarnya berbagai manfaat yang ada akan membuat emiten lebih untung terutama dari segi perputaran modal dan saham. Namun tentu emiten juga harus memahami sistem kerja pasar modal agar bisa merasakan manfaat tersebut secara maksimal.

Mengetahui manfaat bursa efek bagi emiten juga bisa menjadi informasi yang sangat membantu investor untuk lebih memahami proses investasi saham. Dengan informasi yang lengkap, transaksi investasi saham bisa berjalan sesuai aturan yang berlaku.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.