Manfaat Investasi Sukuk Bagi Emiten dan Investor yang Tidak Boleh Dilewatkan

  • Share
Manfaat investasi sukuk bagi emiten dan investor

Dunia investasi saat ini memang menjadi hal yang cukup menggiurkan bagi berbagai kalangan. Berbagai jenis investasi bisa diakses dengan mudah mulai dari reksadana, saham, hingga obligasi. Menginvestasikan sebagian aset dinilai mampu menjadi salah satu cara yang tepat untuk mempersiapkan masa depan dengan baik.

Diantara berbagai jenis investasi, investasi sukuk menjadi salah satu jenis investasi dengan peminta yang cukup tinggi. Manfaat investasi sukuk bagi emiten dan investor juga dinilai memiliki sisi yang berbeda dengan jenis investasi lainnya.

Manfaat Investasi Sukuk Bagi Emiten dan Investor

Adapun beberapa manfaat investasi sukuk yang bisa dirasakan oleh investor maupun emiten diantaranya :

Tidak Perlu Mengkhawatirkan Legalitas dan Keamanan

Investasi sukuk pada dasarnya memang memiliki sedikit perbedaan dengan jenis investasi lainnya. Beberapa kelas saham gratis seringkali mengajarkan informasi-informasi berkaitan dengan investasi sukuk. Sukuk merupakan jenis investasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Karena diterbitkan oleh pemerintah maka tentu manfaat paling besar dari investasi ini adalah legalitas dari investasi yang terjamin.

Pemerintah akan menerbitkan investasi sukuk melalui kementerian keuangan sehingga legalitas dan keamanan investasi mulai sudah disusun sedemikian rupa melalui undang-undang yang berlaku. Terjaminnya legalitas dan keamanan investasi ini tentu menjadi keuntungan sendiri bagi para investor mengingat risiko kerugian dan penipuan yang sangat kecil.

Imbal Hasil Dibayar Per Bulan

Keuntungan investasi sukuk lainnya yang tidak kalah menggiurkan adalah imbal hasil investasi yang bisa diterima oleh investor setiap bulannya. Investasi sukuk hanya memiliki 1 tenor investasi pada setiap investasi sukuk yang diterbitkan.

Karena tenor investasi sukuk retail telah ditentukan saat penerbitan sukuk, investor tidak bisa mencairkan atau menjual sukuk diluar waktu yang ditentukan. Namun investor tetap mendapatkan imbal hasil setiap bulannya sesuai dengan persenan yang diumumkan saat penerbitan sukuk.

Imbal hasil yang diterima ini bisa dihitung sebagai keuntungan karena nilai pokok investasi sukuk yang dibayarkan oleh investor tidak ikut dibagikan setiap bulannya. Nilai pokok investasi hanya akan diterima oleh investor setelah jatuh tempo yaitu 2 atau 3 tahun sesuai program yang ada pada penerbitan investasi sukuk tersebut.

Sebagai Tambahan Modal Bagi Emiten

Manfaat investasi sukuk bagi emiten dan investor ternyata bukan hanya terletak pada legalitas dari investai sukuk itu sendiri. Jika investor bisa menerima imbal hasil sukuk setiap bulan, maka emiten bisa menjadikan nilai pokok sukuk yang dibeli investor sebagai modal tambahan.

Mayoritas investasi sukuk memang diterbitkan oleh pemerintah, namun seringkali beberapa emiten dilibatkan didalamnya sehingga emiten tersebut juga ikut melakukan penawaran pada investor. Tenor sukuk yang telah ditetapkan sejak awal tentu membuat emiten tidak perlu khawatir jika uang investasi hasil penjualan sukuk tiba-tiba ditarik oleh investor.

Dalam investasi sukuk, investor memiliki hak untuk menjual investasi yang dibeli sebelum jatuh tempo. Meski investor memiliki hak untuk menjual sukuknya sebelum jatuh tempo, namun nominal penjualan yang diperbolehkan hanya maksimal 50% sehingga emiten juga tidak akan terlalu kerepotan untuk mempersiapkan pengembalian tersebut.

Transaksi Secara Online

Manfaat investasi sukuk retail yang dirasakan baik oleh investor maupun oleh emiten adalah transaksi yang 100% dilakukan secara online. Meski melibatkan pemerintah, namun investasi sukuk dilakukan secara online sehingga baik emiten maupun investor bisa berkonstribusi dengan jauh lebih mudah.

Transaksi online ini dilakukan mulai dari proses registrasi, pembayaran, hingga pengembalian saat jatuh tempo. Kemudahan yang dimiliki oleh investasi sukuk ini juga dinilai membuat investor bisa lebih tenang melakukan transaksi investasi dengan berbagai cara mudah melalui transaksi online.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diterima oleh para investor jika memilih investasi sukuk sebagai salah satu tempat untuk mengembangkan asetnya. Seperti dipaparkan sebelumnya, investasi sukuk merupakan investasi yang melibatkan negara dan pemerintah dalam prosesnya.

Hal ini tentu membuat investasi sukuk memiliki aturan dan cara kerja yang sedikit berbeda dengan beberapa jenis investasi lainnya. Meski ada perbedaan dari aturan mainnya, namun investasi sukuk juga mampu memberikan manfaat yang berbeda dan cenderung lebih baik dari investasi lainnya.

Manfaat investasi sukuk bagi emiten dan investor paling besar adalah adanya kontribusi bantuan investor dan emiten terhadap pembangunan berbagai infrastruktur di Indonesia. Pemerintah membuat program investasi sukuk dalam rangka menutupi kekurangan APBN terhadap beberapa proyek infrastruktur. Dengan membeli investasi sukuk retail, maka investor telah ikut berkontribusi terhadap pembangunan negara.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.