Sebelum Membeli, Ketahui Reksadana Saham Syariah Terbaik 5 tahun Terakhir

  • Share
reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir

Awal tahun 2022 banyak yang menyusun rencana termasuk untuk berinvestasi. Pasar modal tanah air telah menunjukkan hasil yang cukup baik pada tahun lalu. Tak heran banyak yang berencana menginvestasikan uangnya dengan mencari tahu apa saja reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir.

Mengenal Reksadana

Bagian masih merasa bingung dengan istilah reksadana, hal ini karena masyarakat lebih mengenal istilah saham. Reksadana sendiri merupakan suatu wadah yang dapat menghimpun dana dari investor atau masyarakat. Jika telah terkumpul maka dananya akan diinvestasikan ke dalam beberapa instrumen seperti obligasi saham atau deposito oleh manajer investasi.

Jenis investasi ini merupakan alternatif investasi bagi yang memiliki modal kecil. Atau bisa pula bagi yang tidak memiliki banyak keahlian ataupun waktu untuk memperkirakan risiko atas investasi tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan Reksadana Syariah adalah suatu wadah yang menghimpun dana dari masyarakat untuk kemudian dikelola suatu badan hukum atau manajer investasi.

Dana tersebut akan diinvestasikan ke dalam obligasi, saham ataupun instrumen pasar uang dengan berpegang pada prinsip dan ketentuan Syariah. Kinerja dari investasi yang satu ini secara umum cukup beragam bila dibandingkan dengan konvensional. Bahkan investasi secara syariah menjadi salah satu instrumen investasi simpanan yang cukup penting untuk masa depan masyarakat.

Banyak kemudahan yang ditawarkan bagi para investornya, Anda bisa belajar saham online untuk mengetahui lebih dalam tentang kemudahan tersebut. Dana yang terjangkau dan kemudahan inilah yang kemudian menjadikan reksa dana Syariah pilihan untuk berinvestasi dengan minim resiko. Keunggulan adalah bebas riba yang berarti halal bagi yang beragama Islam.

Manajer investasi atau MI harus sesuai dengan ketentuan dari fatwa MUI. Hal inilah yang menjadi dasar dan pedoman pengelolaan Reksadana Syariah. Sebelumnya investor akan diminta melakukan riset mengenai track record suatu perusahaan penyedia reksadana tersebut.

Daftar Reksadana Syariah Pilihan Terbaik

Pada tahun 2002 satu produk produk Syariah mampu menepati jajaran imbal hasil atau return yang cukup tinggi. Agar lebih tepat dalam memilih, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui tentang apa saja reksadana saham syariah terbaik 5 tahun terakhir. Berikut ulasannya!

1. Simas Syariah Unggulan

Reksadana ini milik PT Sinarmas Asset Management yang dirilis sejak bulan Agustus 2014. Investasi ini menawarkan keamanan dan bisa memperoleh pendapatan yang menguntungkan untuk jangka panjang. Simas Syariah pada 3 tahun terakhir mampu memperoleh keuntungan sebesar 22,4%.

Perlu diketahui bahwa saham dari Reksadana ini terdapat di:

  • Bank BRI Syariah Tbk,
  • PT Integra Indocabinet Tbk,
  • PT M Cash Integrasi Tbk,
  • PT Multistrada Arah Sarana Tbk,
  • PT HK Metals Utama Tbk.

2. Simas Syariah Berkembang

Pengelolaan Reksadana yang dirilis bersamaan dengan Simas Syariah Unggulan ini, diketahui juga  bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Imbal dari Reksadana ini dalam kurun 3 tahun terakhir berkembang hingga mencapai 14,39%. Selanjutnya berkembang hingga menanamkan saham di:

  • Top holding PT Bank BRI Tbk,
  • PT Astra Internasional Tbk,
  • PT Bank Mandiri (Persero),
  • PT Bank Central Asia Tbk,
  • PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).

3. MNC Dana Syariah

Reksadana saham syariah terbaik 5 tahun terakhir selanjutnya adalah MNC Dana Syariah yang dirilis pada tahun 2006. Kini menjadi salah satu Reksadana Syariah pilihan terbaik yang ada di Indonesia dengan pedoman bebas unsur riba dan gharar. Pengelola investasi ini adalah PT MNC Asset Management dan PT Bank Negara Indonesia (Persero).

4. Bahana Likuid Syariah

Reksa dana syariah ini diluncurkan oleh PT Bahana TCW Investment Management pada bulan Januari 2015. Investasinya cukup menguntungkan karena pada 20 Mei tahun 2019 berhasil mencetak imbal sebesar 5,87 %. Reksa dana ini telah bekerjasama dengan bank kustodian Standard Chartered Bank. Bahana Likuid Syariah menanamkan deposito di:

  • Bank Sinarmas Syariah,
  • Bank Sumut Syariah,
  • BPD Riau Kepri Syariah,
  • Bank Syariah Bukopin Syariah,
  • Bank Muamalat.

Beberapa penjelasan Reksadana diatas bisa menjadi pertimbangan dan bahan evaluasi bagi yang ingin memilih produk terbaik. Kinerja imbal hasil yang konsisten contohnya dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam berinvestasi. Itulah rekomendasi reksadana saham Syariah terbaik 5 tahun terakhir yang bisa menjadi pilihan untuk menginvestasikan uang Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.