Inilah Manfaat IFRS bagi Investor yang Sangat Menguntungkan

  • Share
manfaat IFRS bagi investor

IFRS adalah sebuah standar akuntansi secara global yang sangat berlaku dalam sistem keuangan yang sering Anda temui. Istilah ini merupakan singkatan dari International Financial Reporting Standard atau jika dalam bahasa Indonesia berarti standar laporan keuangan internasional.

Sesuai dengan namanya istilah ini merujuk pada penyusunan laporan keuangan di sebuah perusahaan sesuai standar yang berlaku. Laporan keuangan yang dibuat bisa lebih mudah dipahami dan memenuhi kebutuhan perusahaan dari segi administrasi. Bahkan hal ini juga dapat memberi manfaat bagi pihak luar yaitu para investor.

Tak jarang beberapa perusahaan membutuhkan investor sebagai penyumbang dana dalam perkembangan usahanya. Untuk itu, mereka harus memperoleh laporan yang jelas dan mudah dipahami karena bersifat standar. Secara umum laporan keuangan yang ada di dunia bentuknya hampir sama namun masing-masing perusahaan bisa menambahkannya.

Umumnya hal ini hanya akan menguntungkan perusahaan saja dalam segi administrasi. Akan tetapi para investor juga bisa merasakan manfaatnya jika Anda mengacu pada standar laporan seperti ini.

Manfaat IFRS Bagi Investor

Apa saja manfaat IFRS bagi investor? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Memberikan Pandangan Tentang Perusahaan

Manfaat yang pertama yaitu investor dapat memperoleh pandangan mengenai perusahaan secara umum dan secara khusus. Pandangan mengenai perusahaan secara umum bisa dilihat dari isi laporan keuangannya apakah cukup rapih ataupun tidak. Indikator pelaporan yang dibutuhkan juga bisa dilihat kelengkapannya.

Jika cukup lengkap maka perusahaan tersebut bisa dianggap memiliki kredibilitas yang sangat baik karena memperhatikan hal-hal kecil dan bersifat lengkap. Sementara itu, pandangan secara khusus tentunya akan tertuju pada laporan keuangan itu sendiri. Investor bisa melihat sistem keuangan yang berjalan di perusahaan tersebut.

  1. Memperkirakan Nasib Perusahaan Kedepannya

Manfaat IFRS bagi investor berikutnya ialah dapat membantu para investor untuk memperkirakan nasi perusahaan kedepannya. Laporan keuangan akan disusun agar bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh calon investor. Dari isi laporan tersebut investor bisa membaca potensi dan nasib perusahaan kedepannya.

Mulai dari posisi uang, jenis pengeluaran dan pengaturan keuangan bisa dilihat dari laporan tersebut di mana hal-hal tersebut sangat menentukan berlangsungnya sebuah perusahaan. Jika pada hal-hal tersebut tidak begitu baik dan cenderung tidak masuk akal maka investor dapat menilai bahwa perusahaan tersebut tidak dapat beroperasional dengan baik.

  1. Membaca Posisi Keuangan

Para investor dapat membaca posisi keuangan dari sebuah perusahaan melalui sebuah laporan. Posisi keuangan dari perusahaan tentu akan sangat terlihat dari adanya sebuah laporan sehingga memudahkan investor untuk mengetahuinya. Bahkan hal ini juga seringkali menjadi pembahasan penting pada kelas saham online.

Para investor yang akan menanam saham sangat perlu mengetahui posisi keuangan apakah masih terkendali atau justru berpotensi mudah mengalami kerugian. Hal ini bisa memudahkan para investor untuk mempertimbangkan apakah akan menanam saham di perusahaan tersebut atau justru sebaliknya.

  1. Melakukan Perbandingan

Adanya laporan keuangan berstandar internasional akan memudahkan para investor untuk melakukan perbandingan. Investor bisa menggunakan laporan tersebut untuk bahan perbandingan dengan perusahaan lain sebelum memilih perusahaan mana yang akan mendapatkan investasi.

Salah satu keunggulan IFRS ialah berisi laporan keuangan yang menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan bagi calon penanam modal. Hal ini tentu bisa menjadi bahan pertimbangan dan perbandingan dengan perusahaan lain. Nantinya investor bisa menyimpulkan laporan mana yang cukup sesuai dengan kriterianya dan berdasarkan standar internasional.

  1. Mempermudah dalam Memperoleh Gambaran Kebutuhan Perusahaan

Sebuah laporan keuangan akan membantu para investor dalam membaca kebutuhan di perusahaan tersebut. Selain proposal investasi laporan keuangan bisa menjadi acuan untuk mngetahui kebutuhan di perusahaan. Dalam laporan keuangan tentu akan tertera pengeluaran dan penggunaan uang untuk perusahaan.

Dari bagian inilah para investor dapat mengetahui kebutuhan perusahaan sehingga dapat memperkirakan nominal yang akan diinvestasikan. Bahkan dari laporan ini investor tak hanya akan mendapat estimasinya saja namun bisa menyimpulkan jumlahnya secara keseluruhan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat IFRS bagi investor yang tentu sangat menguntungkan. Laporan keuangan ini akan sangat dibutuhkan untuk menyajikan laporan yang transparan bagi calon penanam modal. Para investor bisa lebih mudah untuk membandingkan dan mempertimbangkannya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.