Mengenal Manfaat Informasi Akuntansi bagi Investor

  • Share
manfaat informasi akuntansi bagi investor

Di era modern ini segala sesuatu memerlukan teknologi di dalamnya. Dengan memanfaatkan teknologi maka memang lebih unggul dan efektif dilihat dari berbagai sisi. Selain lebih hemat waktu juga lebih cermat dan praktis. Begitupun dengan akuntansi yang kini banyak menggunakan sistem yang canggih.

Pekerjaan dalam akuntansi memerlukan keakuratan dan kecermatan. Hal ini karena informasi ini dibutuhkan untuk beberapa pihak. Manfaat informasi akuntansi bagi investor juga dapat dirasakan jika benar-benar akurat dan sesuai dengan yang diinginkan. Jika kurang akurat maka tahapan selanjutnya akan kesulitan dalam menentukan budget atau anggaran dan juga target yang harus dicapai.

Pengertian Akuntansi

Berbicara mengenai akuntansi ini merupakan suatu proses atau kegiatan yang dekat dengan kegiatan sehari-hari termasuk bisnis. Akuntansi sendiri berasal dari kata accounting yang dalam bahasa Inggris berarti menghitung. Beberapa kelas saham gratis seringkali menyinggung pengertian akuntansi saat membahas berbagai ilmu investasi.

Secara umum dapat dikatakan akuntansi merupakan proses meringkas, mencatat, mengklasifikasikan, langkah selanjutnya mengolah dan menyajikan data transaksi. Informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh yang ahli di bidangnya menjadi bahan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

Oleh karena itu langkah menyusun laporan merupakan salah satu hal yang cukup penting dan dilakukan secara teliti.

Tujuan Akuntansi

Ilmu akuntansi yang kerap dipelajari merupakan suatu disiplin ilmu yang bisa diterapkan pada berbagai pekerjaan. Apalagi untuk suatu bisnis maka sangatlah penting karena mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan.

Mempelajari akuntansi dasar dapat membantu untuk bisa mengatur keuangan termasuk bagi usaha kecil menengah yang sedang merintis bisnis. Berikut ini, secara rinci mengenai tujuan mempelajari akuntansi:

  • Menyediakan informasi mengenai aktiva atau pasiva suatu perusahaan
  • Menyajikan informasi tentang perubahan berbagai sumber ekonomi perusahaan (netto).
  • Membantu membuat estimasi potensi keuangan suatu perusahaan dengan melihat informasi keuangan yang disediakan
  • Menyajikan informasi laporan keuangan sehingga membantu pengguna laporan tersebut.
  • Memberi informasi tentang perubahan berbagai sumber ekonomi suatu perusahaan baik hutang aset ataupun modal.

Tak hanya sekedar pencatatan atau transaksi yang berhubungan dengan teknik pembukuan tapi juga memberi dampak yang cukup besar untuk perkembangan suatu bisnis. Oleh karena itu sangat penting memilih akuntan yang benar-benar teliti dan menyajikan data yang sesuai.

Manfaat Informasi Akuntansi bagi Investor

Investor adalah sebuah badan atau perorangan yang menanamkan modal pada suatu perusahaan. Adapun tujuannya agar dapat memperoleh return atau tingkat pengembalian dengan risiko yang telah disepakati di awal. Dalam kehidupan sehari-hari istilah ini sering terdengar.

Secara singkat investor merupakan individu atau sekelompok orang yang membantu perusahaan dengan menanamkan sejumlah modal namun mengharapkan imbalan hasil dari investasi tersebut. Bagi yang berinvestasi untuk jangka panjang memang kerap disebut investor sedangkan yang berfokus pada jangka pendek disebut trader.

Umumnya sebuah perusahaan memiliki penanam modal. Tentu saja bukan harus CEO perusahaan tapi juga bisa orang lain yang bergabung. Pemilik modal atau investor tentunya secara update ingin mengetahui mengenai kondisi keuangan perusahaan tempat ia menanamkan modal.

Dengan adanya laporan keuangan maka akan terlihat seberapa sehat perusahaan tersebut. Mereka akan menilai apakah perusahaan tersebut layak atau tidak untuk dijadikan tempat investasi selanjutnya.

Berikut ini beberapa manfaat akuntansi untuk investor:

1. Memberi Informasi Keuangan

Adanya laporan keuangan yang tepat dapat memberikan informasi kepada berbagai pihak yang membutuhkannya. Begitu pula bagi investor yang dapat melihat laporan tersebut untuk menilai kemajuan perusahaan.

2. Sebagai Alat Kontrol dan Bukti Keuangan

Jika keuangan dicatat dengan baik maka akan lebih memudahkan untuk mempertanggungjawabkannya tanpa harus mengira-ngira pengeluaran. Inilah manfaat akuntansi sebagai alat kontrol yang dapat mengendalikan keuangan.

3. Sebagai Bahan Evaluasi

Dengan adanya informasi akuntansi maka baik perusahaan maupun investor dapat mengetahui langkah selanjutnya untuk masa mendatang. Para investor dapat mempertimbangkan apakah menambah jumlah investasi, bertahan atau justru mundur.

4. Alat Pengelolaan Keuangan

Data yang disajikan dalam informasi akuntansi tentunya akan bermanfaat dan sangat membantu beberapa pihak untuk mengelola keuangan. Begitu juga untuk para investor maka jika ingin menambah modal maka perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Itulah ulasan mengenai manfaat informasi akuntansi bagi investor. Semoga dapat bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.