Cari Saham Syariah Fundamental Bagus? Simak Rekomendasi Berikut Ini

  • Share
saham syariah fundamental bagus

Bagi investor yang tertarik investasi namun masih ragu dengan ke-halal-an suatu aset, maka saham syariah fundamental bagus bisa menjadi alternatifnya. Pasalnya, saham-saham syariah umumnya dikelola secara syariah dan menyesuaikan dengan konsep dalam islam.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua emiten saham bisa langsung dikategorikan sebagai saham syariah. Terdapat kriteria-kriteria tertentu dan juga aturan tertentu yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pengelompokan saham.

Beberapa kriteria yang umumnya digunakan untuk mengelompokkan emiten saham syariah antara lain adalah tidak menjalankan aktivitas perjudian. Anda perlu belajar saham lebih dalam untuk lebih memahami kriteria-kriteria tersebut. Kemudian tidak terkait dengan bisnis ribawi seperti bank konvensional, asuransi konvensional, dan lain sebagainya juga menjadi kriteria lain yang dimiliki emiten saham syariah.

Rekomendasi Deretan Saham Syariah Fundamental Bagus

Bagi Anda yang tertarik mencari deretan saham syariah, berikut adalah beberapa rekomendasi yang patut dipertimbangkan.

  1. Saham Syariah Fundamental Bagus: Saham Bank Syariah Indonesia (BRIS)

Bank Syariah Indonesia merupakan gabungan dari tiga bank syariah besar milik BUMN yakni Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah, dan juga BNI Syariah. Perusahaan perbankan ini mengadopsi sistem syariah dan ekonomi islam untuk menjalankan operasionalnya.

Perusahaan Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki aset hingga 251 triliun dan menjadikannya sebagai salah satu bank syariah terbesar di Indonesia. Jika Anda ingin berinvestasi dalam bidang saham perbankan syariah, BSI bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Meskipun sempat mengalami penurunan harga di sepanjang tahun 2021 lalu, namun emiten ini masih menunjukkan performa yang solid. Selain itu, potensi pasar yang dimiliki pun masih cukup besar sehingga membuat saham BSI bisa menjadi salah satu opsi untuk investasi jangka panjang.

  1. Saham Emiten Adaro Energy

Rekomendasi pilihan saham dengan nilai fundamental yang terbilang cukup bagus selanjutnya adalah Adaro Energy. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini berkecimpung dalam dunia penambangan dan energi di Indonesia. Bahkan Adaro tercatat sebagai perusahaan tambang terbesar kedua di Indonesia.

Perusahaan ini berfokus pada sektor usaha penambangan batu bara untuk kebutuhan proyek pembangkit tenaga listrik. Jadi kalau Anda ingin mencari perusahaan dengan bidang usaha yang tidak bertentangan dengan syariat islam, Adaro Energy bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan.

  1. Saham Semen Indonesia (SMGR)

Pilihan saham syariah fundamental bagus yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan selanjutnya adalah saham dari Semen Indonesia. Saham dengan kode SMGR ini sukses membukukan perfoma yang sangat bagus disepanjang tahun 2021 lalu.

Perusahaan BUMN ini berhasil mencatatkan pendapatan hingga mencapai Rp 25,3 triliun pada akhir bulan September 2021 lalu. Meskipun jumlah ini sedikit mengalami penurunan di banding tahun sebelumnya, namun kinerja dari saham SMGR relatif cenderung stabil.

  1. Saham Perusahaan Aneka Tambang (ANTM)

Aneka Tambang atau yang dikenal dengan ANTAM juga bisa menjadi rekomendasi saham blue chip terbaik untuk para investor. Sesuai namanya, perusahaan BUMN ini bergerak dalam bidang pertambangan di Indonesia.

Perusahaan yang terkenal dengan bidang penambangan emas ini memang kerap menjadi salah satu pilihan para investor untuk menyimpan dana. Meskipun memiliki nilai fluktuasi yang relatif tajam, namun saham emiten Aneka Tambang tetap mampu memberikan citra positif.

Meskipun tergolong memiliki fundamental yang bagus dan sehat, namun banyak yang beranggapan bahwa saham ini tidak cocok untuk jangka panjang. Hal ini disebabkan karena tingkat fluktuasinya yang begitu tinggi. Sehingga banyak investor menggunakan saham Antam sebagai sarana investasi untuk jangka menengah saja.

  1. Saham Japfa Comfeed Indonesia (JAPFA)

JAPFA merupakan saham emiten dari perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha peternakan. Perusahaan ini bahkan menjadi salah satu perusahaan peternakan terkemuka di Indonesia dengan nilai kapitalisasi perusahaan sangat besar.

Cukup banyak produk-produk perusahaan ini yang dikonsumsi oleh masyarakat baik itu sebagai lauk pauk maupun untuk pakan ternak. Emiten saham yang dikategorikan sebagai saham syariah oleh OJK ini memiliki nilai fundamental yang bagus dan performa cukup solid.

Meskipun pada tahun 2020 sempat mengalami penurunan laba akibat pandemi, namun hal tersebut tidak mengganggu kestabilan kinerja perusahaan. Bahkan pada akhir September 2021 lalu, perusahaan ini berhasil rebound dengan membukukan laba hingga Rp 1,6 triliun.

Itulah beberapa rekomendasi saham syariah fundamental bagus yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya rekomendasi tersebut, Anda bisa lebih cermat dan bijak dalam memilih saham-saham dengan fundamental dan kinerja yang bagus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.