Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Investor untuk Memudahkan Pengambilan Keputusan

  • Share
manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor

Mendirikan sebuah bisnis tidak hanya memerlukan ide yang cemerlang. Perlu juga beberapa faktor yang dapat mendukung ide tersebut. Salah satunya tentang manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor yang nantinya dapat mendukung kelancaran investasi dari luar. Pada awalnya memang terkesan berbelit-belit.

Namun studi kelayakan bisnis ini penting untuk dilakukan meskipun beberapa pengusaha kerap mengabaikannya. Akibatnya sulit melakukan evaluasi dan usaha pun bisa gulung tikar. Dengan kecermatan dan ketelitian membuat studi kelayakan bisnis maka membuktikan bahwa perusahaan tersebut peduli pada langkah langkah yang akan diambil selanjutnya agar lebih cepat.

Namun apa yang dimaksud dengan istilah yang satu ini dan bagaimana perannya untuk kesuksesan bisnis? Berikut ulasannya!

Mengenal Arti Studi Kelayakan Bisnis

Sebagian pebisnis atau orang awam belum terlalu memperhatikan kegiatan yang satu ini. Padahal studi ini berperan cukup penting untuk menentukan keberhasilan suatu usaha. Oleh karena itu perlu dipahami khususnya untuk pebisnis pemula. Setiap langkah yang diambil perlu pendukung dan data-data yang tepat. Keputusan selanjutnya bukan hanya berdasarkan pertimbangan sekilas saja.

Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan untuk menentukan apakah bisnis tersebut layak dijalankan atau tidak. Biasanya meliputi identifikasi masalah, menentukan tujuan, melihat peluang, melihat bagaimana gambaran situasi bisnis dan juga menilai manfaat yang dapat dihasilkan.

Bagi pengusaha maka dapat membantu untuk mengambil sebuah keputusan. Apalagi untuk keputusan berinvestasi tentunya merupakan langkah besar yang perlu diperhitungkan. Sedangkan untuk pebisnis pemula maka studi kelayakan ini penting dilakukan agar dapat terhindar dari kerugian.

Umumnya terdapat lima bidang yang dianalisis dan diteliti yaitu deskripsi pasar, deskripsi sebuah bisnis, teknologi yang diperlukan, detail finansial dan struktur organisasi dari bisnis tersebut serta kesimpulan agar bisnis yang dirintis bisa lebih maju.

Adapun pihak-pihak yang berkaitan dengan analisis proyek pembuatan studi kelayakan bisnis dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu kreditur, investor dan juga pemerintah. Ketiganya merupakan pihak yang memanfaatkan hasil dari studi ini.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis bagi Investor

Investor merupakan suatu lembaga domestik atau asing yang memiliki modal baik pemilik proyek ataupun bisnis maupun di luar bisnis atau proyek tersebut. Pengertian investor disini adalah lembaga atau seseorang yang memiliki sejumlah dana atau menanamkan investasi dalam suatu proyek untuk mendapatkan kompensasi berupa deviden.

Dalam memilih proyek yang akan dibiayai dan punya investor menggunakan prinsip harus benar-benar layak dan dipersiapkan mulai dari segi teknis, ekonomi dan keuangan. Pertimbangan ini agar kedepannya proyek tetap berjalan dan tidak ingin gagal.

Maka dari itu dibutuhkan studi yang benar-benar merencanakan suatu proyek yang kemudian disebut dengan studi kelayakan bisnis atau proyek. Studi ini dapat dibuat oleh proyek yang membutuhkan penanaman modal, investor ataupun pihak ketiga seperti konsultan.

Bagi pemilik proyek fungsi dari studi kelayakan bisnis adalah untuk menarik minat penanam modal lainnya sehingga lebih yakin menanamkan modal. Dengan studi ini dapat diperlihatkan bahwa proyek dari suatu perusahaan bisa memiliki prospek keuntungan yang baik.

Manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor seperti yang telah disebutkan di atas adalah untuk meyakinkan bahwa keputusan investasi yang akan dilakukan benar-benar diperhitungkan secara matang. Investor akan menanamkan modal pada proyek yang dinilai menghasilkan keuntungan.

Sedangkan bagi pihak ketiga seperti konsultan fungsi dari studi ini adalah sebagai bahan pertimbangan. Pemilik proyek terkadang tidak mampu melakukan studi kelayakan. Oleh karena itu ia membutuhkan orang berpengalaman agar pernilaian project bisa seobjektif mungkin karena merupakan pihak ketiga.

Hasilnya bisa diajukan kepada investor sehingga terdapat gambaran tentang proyek tersebut. Dengan demikian ada pedoman untuk membuat langkah selanjutnya dengan mempertimbangkan hasil dari studi.

Bagi yang akan berinvestasi dalam saham perusahaan tentunya hal ini akan sangat menguntungkan. Para pemula bisa mempelajari bagaimana membaca hasil studi kelayakan bisnis. Selain itu bisa pula mengikuti kursus saham online agar mendapatkan pengetahuan seputar cara berinvestasi.

Itulah pembahasan mengenai manfaat studi kelayakan bisnis bagi investor dan pihak lainnya. Dengan studi ini investor dapat memperhitungkan langkah selanjutnya untuk berinvestasi pada perusahaan yang ditentukan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.