Jarang diketahui masyarakat, Apa Itu Saham Preferen?

  • Share
pengertian saham preferen

Tak dapat dimungkiri bahwa semakin berkembangnya zaman dan teknologi membuat masyarakat mulai berbondong-bondong untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi. Saham kini menjadi bentuk investasi yang paling diminati masyarakat dari berbagai kalangan. Karena saham merupakan bentuk investasi yang bisa diikuti oleh siapa saja dengan banyaknya aplikasi dan edukasi tentang investasi ini.

Berbicara mengenai saham, ada beberapa jenis saham yang perlu diketahui oleh calon investor yang ingin menginvestasikan penghasilannya. Sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan, jenis saham menentukan tingkat dividen yang akan diterima. Salah satunya yaitu saham preferen. Tapi kalian tahu nggak saham preferen itu apa? Nah, di sini akan diulas sedikit mengenai saham prefen.

Saham preferen atau yang biasa dikenal dengan preferred stock merupakan saham yang memiliki hak lebih tinggi atas laba atau asset perusahaan dibandingkan dengan saham biasa yang diperjualbelikan di bursa efek. Jadi bisa dipastikan bahwa para pemegang saham preferen memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan penghasilan tetap dari pendapatan perusahaan. Selain itu, ketika sebuah perusahaan mengalami likuidasi, maka para pemegang saham preferen memiliki hak klaim utama atas asset perusahan tersebut.

Saham “istimewa”, mungkin itu julukan yang pas digunakan untuk saham ini. Hal tersebut dikarenakan karakteristik saham preferen merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa dimana keduanya merupakan instrumen investasi. Karena memiliki karakteristik obligasi maka saham ini pun memiliki nilai ekonomis yang dapat ditukarkan. Tak hanya itu, naik turun suku bunga juga dapat mempengaruhi saham preferen. Di sisi lain, saham preferen tidak dapat menerima pembayaran dividen seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya apabila perusahaan/emiten mengalami kerugian. Saham preferen juga tak memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

Dalam saham preferen juga dikenal dengan istilah saham preferen kumulatif dan saham preferen non-kumulatif. Keduanya memiliki perbedaan dalam segi pembayaran dividen. Saham non-kumulatif, pembayaran dividen kepada investor dapat berupa opsional, apabila saham istimewa kumulatif, emiten wajib membayarkan dividen kepada pemegang saham walaupun ada penundaan dividen. Hal tersebut biasanya tercatat sebagai dividen yang tertunggak sehingga harus dibayarkan pada tahun berikutnya dan pembayarannya dilakukan sebelum laba dibagikan kepada pemegang saham biasa.

Meskipun di Indonesia masih jarang sekali adanya saham preferen, namun tidak menutup kemungkinan bahwa tetap ada perusahaan yang menerbitkan saham preferen. Untuk mencari perusahaan mana yang menerbitkan saham preferen, seseorang dapat melihat pada Bursa Efek Indonesia. Di sana akan ada informasi kode saham preferen yang tersedia.

Biasanya kode saham preferen sendiri akan ditambahkan huruf “P” di belakangnya yang brarti Preferen atau Preffered. Selain itu, kode yang tertera pun lebih panjang daripada kode saham biasa. Contoh saham preferen yang pernah diterbitkan yakni PT Hanson International Tbk dengan kode saham MYRXP dan PT Mas Murni Indonesia Tbk dengan kode saham MAMIP.

Jika dilihat dari keistimewaan yang dimiliki saham preferen, maka bukan tidak mungkin seorang yang menyisihkan pendapatannya untuk diinvestasikan ke jenis saham ini pun mendapatkan keuntungan. Kelebihan saham preferen lainnya dijelaskan di bawah ini:

  1. Pemegang saham preferen akan lebih dulu menerima dividen dibandingkan pemegang saham biasa.
  2. Dividen yang dibagikan kepada investor/pemegang saham biasanya akan lebih besar dibanding dengan pemegang saham biasa.
  3. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada perusahaan, dalam hal ini perusahaan mengalami likuidasi maka pemegang saham preferen akan lebih dahulu mendapatkan keuntungan untuk saham yang dimilikinya.
  4. Adanya pembagian dividen di akhir tahun dengan sistem akumulasi untuk tahun berikutnya.
  5. Saham preferen dapat ditukar dengan saham biasa.
  6. Memiliki hak atas pembayaran dividen tetap yang besarannya setara dengan bunga deposito.
  7. Tidak semua saham preferen diperdagangkan di bursa saham. Hal tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Nah, di atas merupakan beberapa pengetahuan dasar mengenai saham preferen yang perlu kalian ketahui sebagai dasar pertimbangan dalam berinvestasi, terutama dalam berinvestasi saham. Menarik bukan untuk memiliki saham istimewa ini?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.