Singkatan dalam Dunia Saham yang Perlu Anda Ketahui

  • Share
Singkatan dalam saham

Perekonomian suatu negara tidak hanya berupa perdagangan riil atau produk. Namun dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, perdagangan yang terjadi juga dalam bentuk perdagangan saham di bursa efek. Indonesiapun mengalami masa seperti ini di mana perdagangan saham terus mengalami perkembangan yang signifikan yang dilihat dari tingginya nilai perdagangan yang terjadi. 

Kemajuan teknologi juga membantu perkembangan perdagangan saham ini di mana setiap orang bisa menjadi investor. Perusahaan pialang saham berlomba-lomba memanfaatkan aplikasi sebagai sarana edukasi sekaligus transaksi sehingga investor pemula dapat bertransaksi dengan mudah dan cepat. Sebagian orang merasa harus mengikuti pelatihan khusus untuk mengenal dunia saham yang semakin menarik dan menguntungkan ini. 

Bagi Anda yang pemula dalam dunia saham, memahami beberapa istilah di bawah ini bisa membantu Anda mengenal saham lebih dalam:

  • Bursa Efek

Bursa efek adalah tempat atau sarana dimana para investor atau pelaku ekonomi melakukan kegiatan perdagangan jual beli asset. Dengan otomasi dan teknologi digital, Bursa Efek Indonesia bisa diakses dari seluruh Indonesia hanya dari telepon pintar investor. 

  • Emiten

Emiten adalah perusahaan yang menjual sahamnya kepada publik. Dana penjualan saham akan digunakan emiten untuk pengembangan dan diversifikasi perusahaan. Untuk mengetahui daftar emiten yang ada di Indonesia, Anda dapat melihat di IDX-IC (Indonesia Exchange Industry Classification)  yang bisa Anda jadikan acuan sebelum menentukan jenis saham yang akan dibeli. 

  • IHSG

IHSG adalah Indeks Harga Saham Gabungan yang menjadi indikator untuk melihat kinerja harga saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG juga bisa dijadikan acuan kondisi ekonomi dan politik suatu negara yang menentukan investor asing untuk berinvestasi di negara tersebut. Sehingga pemerintah berupaya untuk menstabilkan indeks ini dengan menjaga kondisi ekonomi dan politik dalam negeri. 

  • Perusahaan Sekuritas

Menurut pengertian yang dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan sekuritas adalah pihak yang telah mendapatkan izin sebagai perantara Pedagang Efek,Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal. 

Jika Anda belum mengalami jam terbang yang mumpuni di pasar modal, mulailah dengan melakukan riset untuk mengetahui perusahaan sekuritas yang baik. Perusahaan sekuritas akan menjadi penghubung Anda dengan lantai bursa dengan memberikan informasi terkait saham perusahaan yang Anda minati. Untuk mendukung layanannya, perusahaan ini telah menggunakan aplikasi yang sangat mudah dan informatif untuk diakses calon investor.

  • Buy & Sell

Buy and sell adalah istilah untuk jual dan beli saham. Istilah ini digunakan ketika para investor melakukan aktivitas jual beli di pasar bursa.

  • Capital Gain & Loss

Capital Gain adalah peningkatan nilai modal yang diperoleh investor dari hasil selisih lebih harga saham Anda dengan harga saham di pasar. Kebalikannya, Capital Loss adalah kerugian yang muncul ketika nilai jual saham Anda lebih rendah daripada nilai modal Anda. 

  • Deviden

Dividen adalah keuntungan yang didapat dari perusahaan yang sahamnya dibeli investor. Nilai dividen ditentukan di RUPS setiap tahun berdasarkan nilai keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Pembagian deviden sendiri merujuk kembali pada kebijakan perusahaan  dan pemegang-pemegang saham utama.

  • Saham Blue Chip dan Saham Gorengan

Arti dari Saham Blue Chip adalah saham-saham dari perusahaan yang memiliki kualitas, kinerja dan fundamental yang baik. Untuk disebut sebagai perusahaan yang masuk dalam kategori biasanya, biasanya mempunyai standar minimal kapitalisasi.

Di sisi lain saham gorengan adalah kebalikan dari saham blue chip. Saham gorengan adalah istilah non baku yang muncul di pasar modal. Investor-investor di bursa saham menggunakan istilah ini, untuk menggambarkan saham dari perusahaan yang kapitalisasinya masih kecil dan cenderung belum stabil. 

Istilah-istilah ini masih bersifat dasar dan pengetahuan umum. Sebagai calon investor Anda harus mempelajari lebih dalam lagi tentang investasi saham ini tidak terbatas pada istilah-istilah saja. Karena pemahaman tentang investasi saham terus berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi dan kondisi ekonomi global.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.