Cara Bagi Hasil Untuk Rekan Kerja Tipe Investor

  • Share

Menjadi seorang wirausahawan atau seorang businessman memang tidak mudah. Anda perlu memiliki modal yang cukup dan mengelola usaha tersebut dengan baik. Namun ada cara lain untuk memulai sebuah bisnis usaha, yaitu bekerja sama dengan investor. Anda juga perlu mengetahui cara bagi hasil untuk rekan kerja tipe investor sesuai dengan kesepakatan bersama.

Mengenal Sistem Bagi Hasil Dengan Investor

Memulai kerja sama dengan orang lain adalah cara mudah mendapatkan modal untuk bisnis baru. Seorang investor akan mendanai bisnis Anda sampai mendapatkan keuntungan. Kemudian keuntungan tersebut nantinya akan menjadi milik bersama. Para usahawan pemula banyak yang melakukan cara ini. Terlebih lagi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai usaha.

Mengapa disebut bagi hasil? Karena ini adalah entitas bisnis tentu tujuannya adalah mendapatkan keuntungan, dan keuntungan inilah yang disebut hasil yang akan dibagi kepada investor sebagai penanam modal. Sesuai dengan namanya, jika suatu waktu terjadi kerugian, maka ini pun harus ditanggung bersama, yang mungkin saja membuat investor tidak mendapatkan apa-apa, dan modal kerja tergerus karena kerugian tersebut. Dan keuntungan yang diperoleh setelahnya tidak langsung dibagikan namun menjadi laba ditahan untuk menambah modal yang terpotong karena rugi.

Namun sebelum Anda memulai untuk mencari investor, lebih baik cari tahu dulu cara atau sistem bagi hasil dengan investor. Sebelum Anda membuat  kesepakatan dan perjanjian dengan investor, pengetahuan tentang sistem bagi hasil ini sangat penting untuk dipertimbangkan di awal.

Jenis Metode Sistem Bagi Hasil Investor dan Pengelola

Terdapat beberapa cara atau metode bagi hasil dengan pemilik tempat usaha dan investor. Pembagian ini mempertimbangkan modal yang dibawa masing-masing partner dan persentase yang layak. Di bawah ini mengulas cara-cara tersebut:

1. Membagi Laba Bersih (Profit)

Metode atau sistem bagi hasil dengan investor yang pertama adalah membagi hasil keuntungan. Jika jumlah pendapatan yang didapatkan dari modal awal telah mendapatkan keuntungan, maka jumlah tersebut harus dikurangi dahulu dengan biaya lain sehingga didapatlah laba bersih. Laba bersih inilah yang nantinya dialokasikan sebagai keuntungan yang akan dibagi dengan investor.

2. Membagi Laba Kotor

Hampir sama seperti membagi laba bersih, membagi laba kotor juga dibagi berdasarkan pendapatan yang didapatkan. Namun belum dikurangi dengan biaya operasional, melainkan dikurangi dengan harga pokok sebuah produk yang dijual.

Dengan kata lain, keuntungan yang Anda dapatkan belum sepenuhnya bersih. Karena belum dikurangi dengan biaya operasional maupun biaya lain seperti beban, pajak, administrasi, dan lain-lain. Jika cara ini yang dipilih, maka tetapkan dahulu siapa yang akan membayar biaya operasional. Atau pembagiannya lebih banyak kepada pemilik usaha karena ia masih harus membayar biaya operasional.

3. Memberikan Komisi

Cara ini banyak dilakukan para pengusaha pemula yang baru memulai sebuah bisnis. Kesepakatan untuk sistem bagi hasil dengan investor biasanya sudah dibicarakan dan disepakati dari awal. Selain persentase, tetapkan juga masa pembagian komisi ini. Supaya besaran persentase sebanding dengan waktu penjualan.

Cara Menghitung Sistem Bagi Hasil Investor Dan Pengelola

Jika investor juga berperan sebagai pengelola, maka sistem bagi hasil akan menghitung dua item, yaitu investor sebagai pemilik modal dan sebagai karyawan. Maka pendapatan yang didapatkan investor ada dua, yaitu dari komisi modal dan dari hasil kerja sebagai karyawan.

Namun pendapatan perlu dipotong dengan biaya operasional dan biaya lainnya. Dengan kata lain investor sekaligus rekan kerja tersebut mendapatkan laba bersih. Untuk gaji sebagai karyawan, Anda bisa memberikannya selama satu bulan sekali tanpa dipotong biaya apapun. Sementara untuk keuntungan sebagai investor umumnya diberikan setahun sekali. Sistem bagi hasil dengan investor sebaiknya menggunakan laba bersih sehingga bagi hasil yang ada adalah sudah dipotong biaya yang menjadi beban dalam mendapatkan keuntungan.

Cara bagi hasil untuk rekan kerja tipe investor memang tidak sulit dilakukan. Namun semua cara tersebut akan tetap berpatok pada kesepakatan yang telah dibuat dan disetujui. Buat juga peringatan atau ketentuan jika salah satu dari kedua pihak melanggar kesepakatan atau tidak setuju ditengah-tengah berjalannya usaha.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.