Cara Membuat Rekening Dana Investor

  • Share
Cara Membuat Rekening Dana Investor

Investasi saham menjadi sebuah daya tarik investasi yang mengalahkan jenis investasi lainnya. Karena investasi ini bisa dikerjakan oleh siapapun baik oleh warga negara Indonesia maupun warga negara asing darimana pun di seluruh Indonesia. Investasi properti hanya dibutuhkan dana sejumlah nilai properti dan harga pasar dari properti tersebut sebelum melakukan transaksi jual atau beli. Begitu juga dengan investasi emas, hanya membutuhkan dana untuk membeli emas dan timing yang tepat agar mendapat harga bagus.

Namun, tidak begitu halnya dengan investasi saham. Investasi saham adalah sebuah model investasi yang memberikan keuntungan menarik dalam sebuah sistem yang terorganisir dengan Bursa Efek Indonesia sebagai operatornya dan memanfaatkan teknologi digital.

Lalu bagaimana caranya menjadi investor saham? Ada beberapa step yang harus dilakukan sebelum Anda menjadi seorang investor saham. Sebelumnya kita singgung sedikit tentang investor dan saham.

Investor saham adalah seseorang atau pihak atau institusi yang menempatkan dananya di saham sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa. Untuk dapat menjadi seorang investor ada persyaratan awal yang harus dipenuhi yaitu buka rekening nasabah online. Mengapa online? Karena saat ini semua kegiatan telah dapat diakses dari telepon genggam dari manapun. Sehingga membuat rekening saham dapat dilakukan dari rumah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi perusahaan sekuritas pilihan Anda yang akan menjadi broker dalam transaksi jual beli saham

Perusahaan sekuritas atau broker adalah profesi yang menjembatani investor saham dengan bursa efek. Sehingga pastikan broker pilihan Anda terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 

  • Siapkan data pribadi

Siapkan data pribadi yang akan diinput di aplikasi broker tersebut. Input dengan benar agar data yang masuk valid dan akurat sesuai data Anda.

Dokumen yang harus disiapkan adalah KTP/Paspor/KITAS, NPWP, KTP/KK pasangan dan fotokopi halaman depan buku tabungan. Siapkan materai untuk digunakan di atas tanda tangan Anda sebagai persetujuan. Dokumen ini harus dikirim ke kantor perusahaan sekuritas untuk dokumen hardcopy walaupun investor sudah mendaftar via online.

  • Isi formulir di perusahaan sekuritas pilihan Anda

Setelah selesai mengisi data pribadi, kemudian Anda masukkan data perusahaan sekuritas atau broker pilihan Anda.  Anda bisa mengecek kevalidan broker di laman resmi Bursa Efek Indonesia  https://www.idx.co.id/investhub/buka-rekening-online/ Anda juga bisa memastikan broker tersebut kredibel jika broker memiliki sertifikat Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia.

  • Setor dana ke Rekening Dana Investor

Rekening dana investor adalah rekening dana nasabah untuk menampung transaksi jual beli saham investor. Cara membuat rekening dana investor dijelaskan di bawah ini:

  • Isi formulir rekening dana investor yang ada di website sekuritas pilihan Anda dan isi data-data pribadi yang diminta seperti identitas diri, alamat dan nomor NPWP.
  • Setelah data terisi lengkap, Anda tinggal menyetor deposit awal sesuai dengan ketentuan masing-masing broker. Setoran ini bisa dilakukan melalui m-banking atau ATM bank Anda.
  • Informasi terkirim lengkap ke website perusahaan sekuritas. Anda tinggal menunggu validasi dan pengiriman ID, password dan PIN yang akan Anda gunakan untuk login ke rekening dana investor milik Anda. Selain itu Anda juga akan menerima nomor Single Investor Identification (SID) sebagai kode khusus yang diberikan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan akan digunakan selama Anda bertransaksi efek.  
  • Anda telah jadi seorang investor saham dan siap bertransaksi

Yup, Anda telah melengkapi syarat menjadi investor dan bisa memulai transaksi saham di website atau aplikasi milik broker

Dengan fasilitas online, pembuatan rekening saham menjadi sangat mudah dan singkat. Demikian juga untuk mendapatkan edukasi bertransaksi saham bisa didapatkan dari aplikasi yang menyediakan virtual trading

Rekening Dana Investor menjadi rekening transaksi penampungan jika Anda melakukan aksi jual atau beli saham di mana terdapat selisih harga baik gain atau loss. Dari rekening ini Anda bisa mentransfer saldo ke rekening tabungan Anda yang biasa. 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.