Analisis Manfaat Akuntansi Bagi Investor, Pemula Wajib Tahu!

  • Share
Analisis Manfaat Akuntansi Bagi Investor

Sebagai seorang investor baik pemula maupun yang telah lama berkecimpung di dunia saham, Anda perlu mengetahui analisis manfaat akuntansi bagi investor terlebih dahulu. Untuk seorang investor pemula, analisis ini menjadi ilmu yang wajib dipelajari agar tujuan investasi yaitu mendapatkan keuntungan bisa tercapai.

Analisis Manfaat Akuntansi Bagi Investor

Melakukan analisis manfaat akuntansi bagi investor sebenarnya mudah saja. Jika melakukan analisis dan riset dengan benar, investasi akan menjadi sebuah kegiatan yang tingkat risikonya bisa diperhitungkan sehingga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Berbeda jika Anda hanya asal berinvestasi tanpa mempelajari ilmunya.

Kegunaan Informasi Akuntansi Bagi Investor

Akuntansi menjadi ilmu dan informasi paling penting dalam keuangan dan bisnis. Laporan keluar masuk uang yang berkaitan dengan bisnis akan memudahkan Anda saat menghitung laba maupun rugi. Laporan keuangan juga menjadi dasar pedoman seorang investor dalam melakukan investasi.

Kegunaan informasi akuntansi bagi investor bisa kita bedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal. Untuk internal, informasi akuntasi bermanfaat sebagai catatan seorang investor dalam melakukan investasinya beserta data untung ruginya. Dengan demikian, investor dapat menggunakan data ini untuk investasi masa depan.

Sedangkan manfaat eksternal adalah, informasi akuntansi yang berasal dari perusahaan saham yang dimiliki investor. Setiap perubahan laporan akuntansi perusahaan akan mempengaruhi harga saham di pasar bursa. Sehingga investor dapat menentukan apakah akan menahan saham yang dimilikinya untuk mendapatkan keuntungan atau menunggu hingga kondisi perusahaan membaik yang berdampak pada harga sahamnya.

Untuk bisa membaca informasi akuntansi dengan benar, investor bisa menggunakan jasa konsultan untuk bisa mengambil keputusan yang tepat. Atau menggunakan jasa pialang saham yang akan memberikan saran berdasarkan informasi akuntansi perusahaan tersebut.

Manfaat Akuntansi Bagi Investor

Akuntansi memiliki banyak informasi terkait bisnis dan keuangan. Informasi ini tersusun secara sistematis yang diakui seluruh dunia sebagai standar pelaporan keuangan. Untuk orang awam bisa mendapatkan informasi dasar seperti laba rugi perusahaan. Namun bagi mereka yang memiliki pengetahuan membaca informasi akuntansi dapat menjelaskan sumber laba rugi dari sebuah laporan keuangan. Informasi akuntansi tersebut diterjemahkan dalam laporan sebagai berikut:

1. Catatan Laporan Keuangan

Manfaat akuntansi yang pertama adalah menjadi catatan laporan keuangan. Catatan yang tertulis dalam laporan keuangan akuntansi sangat sistematis dan jelas. Sehingga Anda tidak perlu bingung saat membaca maupun memahami isi dari laporan keuangan akuntansi.

Catatan tersebut akan dikelompokkan dalam kolom-kolom yang berbeda. Contohnya kas, biaya-biaya, laba, rugi dan informasi detail lainnya. Data ini sangat berguna bagi investor untuk mengetahui sejauhmana perusahaan telah beroperasi dengan maksimal untuk mendapatkan keuntungan. Jadi Anda akan lebih mudah memutuskan untuk tetap berinvestasi pada perusahaan tersebut atau tidak.

Berdasarkan catatan inilah Anda bisa menetapkan dasar dalam berinvestasi. Pengelompokkan jenis perusahaan juga bisa Anda lakukan dengan melihat catatan ini di mana perusahaan dengan fondasi keuangan yang baik akan memiliki harga saham tinggi dan gain tinggi juga. Begitu juga sebaliknya.

2. Klasifikasi Untuk Analisis

Melakukan analisis terhadap catatan akuntansi juga sangat berguna sebagai data yang valid. dan bisa Anda gunakan sebagai bukti hukum yang sistematis sebagai dasar berinvestasi. Data akuntansi tersebut merupakan data lengkap yang menjadi data publik ketika perusahaan menjual sahamnya di bursa.

Fokus pada data laba dan rugi jika menggunakan akuntansi sebagai sebagai patokan melakukan investasi. Dengan demikian Anda bisa menghitung berapa banyak dana yang akan Anda tanam di saham perusahaan ini. Selain itu, data ini berguna untuk memprediksi kondisi perusahaan di masa depan sehingga Anda bisa memastikan investasi di saham ini akan menghasilkan keuntungan.

Analisis manfaat akuntansi bagi investor merupakan pembelajaran sehingga semakin sering Anda melakukannya, Anda akan bisa menghasilkan analisa yang lebih tepat. Dengan sumber data yang valid, analisa ini sangat bermanfaat bagi investor pemula dan menjadi patokan bagi investor besar untuk menanamkan dananya. Jika tidak sempat mempelajari, Anda bisa menggunakan jasa konsultan untuk melakukan analisa ini dengan hasil analisa yang tajam.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.