Lebih Bagus Mana? Trader VS Investor Saham

  • Share
Trader VS Investor Saham

Terdapat beberapa perbedaan pada trader vs investor saham yang perlu Anda ketahui sebelum masuk ke dunia bursa. Kedua kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan menghindari kerugian yang mungkin terjadi. Namun Anda perlu memahami lebih detail perbedaan ini agar tidak salah menempatkan diri dan justru mendapatkan kerugian.

Pengertian Investasi dan Saham

Investasi dan saham adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencapai keuntungan sebesar-besarnya. Namun saham sebagai bagian dari investasi adalah sebuah aset yang bisa Anda jual kapan saja. Sementara investasi lebih kepada tindakan yang dilakukan dalam pengelolaan keuangan untuk mendapatkan penghasilan lain-lain.

Investasi bila dianalogikan sama seperti menanam sebuah benih yang kemudian akan menghasilkan buah dalam jangka waktu yang tertentu. Sehingga jika Anda menanamkan modal ke sebuah bisnis/usaha, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari pengelolaan bisnis tersebut. Begitu pula kerugian mungkin saja terjadi jika pengelolaan tidak dilakukan dengan baik.

Untuk tipe investasi pada umumnya, Anda harus membuat perjanjian maupun kesepakatan untuk membagi hasil keuntungan/risiko investasi. Modal kepercayaan dan laporan keuangan yang jujur jadi dasar sebuah kesepakatan investasi. Begitu juga jika Anda menginvestasikan ke perusahaan seperti saham, laporan keuangan menjadi dasar Anda menilai kelayakan saham tersebut sebelum dibeli,

Jika perusahaan yang Anda beli mempunyai manajemen yang baik, maka akan dapat memberikan keuntungan berupa dividen. Hal ini dapat mendongkrak kenaikan harga sahamnya di pasar bursa. Kenaikan harga tersebut yang akan menjadi keuntungan bagi Anda sebagai investor saham. Dan sebaliknya, kerugian perusahaan membuatnya tak bisa memberikan dividen tahunan sehingga menjadi preseden buruk yang membuat pasar merespon dengan banyaknya aksi jual saham yang menyebabkan harga sahamnya turun.

Pengertian Trader

Trader adalah orang yang melakukan aktivitas jual-beli saham secara online dalam jangka waktu yang pendek. Jangka waktu yang dimaksud bisa berupa detik, menit, jam maupun harian atau mingguan. Anda bisa menentukan sendiri kapan akan membeli (buy) dan kapan ingin menjual (sell).

Sederhananya, trader adalah orang yang melakukan trading. Untuk melakukan trading harus belajar terlebih dahulu dan melakukan riset agar Anda tidak mengalami kerugian. Namun tidak jarang juga pada trader mempertimbangkan informasi pasar dalam membeli saham yang akan sukses ke depannya.

Kelemahan Trading Saham

Trading memang memberikan keuntungan bagi para trader namun jangan lupakan kelemahan trading saham yang wajib diketahui untuk meminimalisir kerugian. Sehingga cara aman dalam proses trading ini adalah langsung mengambil keuntungan yang didapatkan sekecil apapun.

Kekurangan atau kelemahan trading saham sebaiknya dihindari oleh para trader pemula. Kelemahan ini sendiri bisa disiasati hingga nanti trader cukup handal membaca situasi pasar. Yaitu dengan mencari cara aman dimulai dengan membeli saham berfondasi kuat dan aksi jual ketika ada keuntungan walaupun sedikit. Hal ini untuk mengurangi resiko kerugian yang mungkin trader alami pada awal melakukan trading saham. Kelemahan yang sering dialami para trader adalah mendapatkan kerugian atau loss.

Keuntungan Trading Saham Harian

Seperti yang disebutkan di atas, kegiatan trading umumnya bersifat jangka pendek. Ada yang hanya hitungan detik, hari, hingga mingguan. Anda perlu tahu bahwa keuntungan trading saham harian bisa dimanfaatkan untuk Anda trader pemula. Walaupun sebenarnya tidak semua trader yang memilih jangka waktu harian mendapatkan keuntungan.

Keuntungan trading saham harian yang paling utama dan menjadi incaran trader adalah mendapatkan keuntungan dengan cepat. Jika Anda membeli kemudian menjual di hari yang sama saat harga sudah naik, tentu Anda langsung mendapatkan keuntungan dari selisih harga.

Modal yang Anda keluarkan juga akan kembali dengan cepat dalam satu hari. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan modal lagi jika ingin membeli saham lain yang berpotensi naik esok hari. Dengan demikian, Anda bisa melatih kemampuan Anda sebagai trader. Dari dua kondisi di atas, Anda bisa memutuskan akan bermain di area aman yaitu sebagai investor saham, atau mendapatkan keuntungan cepat sebagai trader. 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.