Cara Menarik Investor Untuk Berinvestasi

  • Share
cara menarik investor untuk berinvestasi

Investasi merupakan satu kata yang sudah tidak asing lagi saat ini. Bahkan, Investasi menjadi salah satu pekerjaan yang tengah populer di kalangan masyarakat, karena keuntungannya yang menjanjikan apabila ditekuni dengan sepenuh hati.

Investasi berhasil menarik perhatian khalayak karena profit berskala besar yang bisa dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Selain menjamin profit di masa mendatang, investasi juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengelola keuangan dengan bijak dan terencana.

Di era informasi saat ini, banyak perusahaan mencari investor agar mau berinvestasi di perusahaannya. Tujuannya adalah agar tersedianya kebutuhan modal yang memadai untuk memajukan dan mengembangkan bisnis. Salah satu cara yang dilakukan yaitu mendapat tambahan modal melalui suntikan dana dari Investor.

Reputasi yang baik pada perusahaan menjadi salah satu alasan seorang investor tertarik untuk menanamkan modalnya. Perusahaan yang memiliki jejak finansial yang baik dan stabil dalam jangka panjang, tentu akan membuat seorang investor percaya dan merasa aman menempatkan dananya di perusahaan tersebut.

Sebelum kita simak cara mendapatkan investor, kita juga mesti memahami alasan investor menanamkan modalnya. Berikut ini beberapa motivasi investor dalam berinvestasi:

  • Memperoleh penghasilan tetap

Tujuan ini merupakan tujuan utama seorang investor. Menurut perhitungan keuangan, dana yang ditempatkan di bank baik berupa tabungan maupun deposito, tidak cukup untuk mengimbangi tingkat inflasi. Sehingga mencari bisnis yang profitable adalah lebih baik agar bisa mendapatkan penghasilan tetap dengan nilai di atas inflasi. Untuk bisa mendapatkannya, dibutuhkan pengetahuan akan bisnis dan kehati-hatian dalam menempatkan dana. 

  • Mendapatkan sumber dana untuk mengembangkan usaha sendiri

Berinvestasi ke bisnis yang stabil, akan memberikan penghasilan tetap bagi seorang investor. Investor dapat mengajukan term pembayaran bagi hasil di akhir tahun atau beberapa tahun. Penghasilan ini bisa menjadi sumber dana lain bagi investor di bisnisnya sendiri. Sehingga dana investor berputar dan tetap menghasilkan.

  • Jaminan untuk bisnis pribadi

Beberapa investor melakukan investasi untuk mengamankan bisnisnya. Misalnya dia berinvestasi ke supplier bahan bakunya, agar mendapatkan privilege dari partnernya. Dengan demikian bisnis investor mendapatkan jaminan pengiriman bahan baku sehingga bisnisnya bisa beroperasi dengan stabil. 

Seperti kita ketahui, Indonesia adalah surga untuk investasi. Tiga tujuan investasi di atas bisa diperoleh jika berinvestasi di perusahaan lokal. Lalu, cara apa saja yang dapat dilakukan agar Investor asing tertarik berinvestasi di perusahaan?

  • Menjalin komunikasi yang baik dengan Investor

Komunikasi menjadi syarat yang paling utama yang harus dilakukan agar dapat menarik perhatian Investor asing. Komunikasi yang terjalin dengan baik dapat menjembatani usaha anda untuk membuat investor tertarik menanamkan modalnya di perusahaan anda.

  • Menjelaskan Visi dan Misi Perusahaan

Kemukakan secara terperinci mengenai visi dan misi perusahaan, kemudian presentasikan beberapa keunggulan dan prestasi yang telah diraih perusahaan. Hal ini berguna agar Investor mengetahui tujuan dan latar belakang perusahaan anda.

  • Menciptakan daya tarik melalui produk yang dihasilkan perusahaan

Umumnya, produk yang unik dan memiliki ciri khas tak hanya memikat perhatian konsumen, namun juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi investor asing. Perusahaan yang menghasilkan produk unik tentunya akan mampu bersaing dengan produk kompetitor sehingga dapat menunjukkan keunggulan perusahaan di mata Investor.

  • Menjaga kondisi keuangan perusahaan anda agar stabil dan lancar

Perusahaan yang memiliki stabilitas keuangan yang baik dalam jangka panjang akan mampu menarik perhatian Investor asing untuk menanamkan modalnya. Para investor akan merasa aman dan nyaman karena perusahaan memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola operasionalnya dan menghasilkan laba keuangan dari waktu ke waktu.

  • Menjelaskan keuntungan yang didapat

Perusahaan mampu memberikan gambaran mengenai keuntungan yang akan diperoleh di masa mendatang apabila Investor bersedia menanamkan modal di perusahaan. Anda bisa melakukan presentasi yang menarik dan meyakinkan Investor dengan menjelaskan keuntungan baik materi maupun non materi yang didapat dengan menimbang dan meminimalisir risiko yang kemungkinan terjadi dalam bisnis anda.

  • Mencari rekan bisnis yang mempunyai modal

Biasanya dalam hubungan bisnis, banyak rekanan yang ikut kerja sama baik dalam ikatan bisnis sekedar jaringan. Dengan memiliki bisnis yang profitable, Anda dapat menawarkan rekan bisnis yang Anda anggap memiliki modal yang Anda butuhkan. Cara ini lebih mudah karena Anda sudah dikenal sehingga penjajakan lanjutan lebih kepada masalah teknis seperti perhitungan keuangan dan pembagian keuntungan. 

Cara-cara di atas merupakan sebagian langkah yang dapat dijadikan pedoman dalam menarik perhatian investor asing. Sejatinya, investor akan datang jika perusahaan bisa memberikan keuntungan yang menarik dari kerjasama yang dilakukan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.