Cara Menarik Investor untuk Menanamkan Modal di Bisnis Anda

  • Share
Cara Menarik Investor untuk Menanamkan Modal

Mengawali sebuah bisnis selalu menjadi langkah awal yang menyenangkan. Dimulai dengan meramu ide-ide bisnis, membuat  budgeting dan menentukan step-step prospek bisnis kepada calon rekan bisnis. Fase ini adalah fase bulan madu untuk bisnis Anda, karena bayangan bisnis berjalan dan menghasilkan keuntungan adalah hal yang menyenangkan.

Lalu Anda mulai merealisasikan bisnis Anda menjadi kenyataan, dimulai dengan modal awal. Besar kecilnya modal awal ini, tergantung pada skala dan tujuan bisnis Anda. Kalau bisnis ini mempunyai target yang besar, pasti Anda akan membutuhkan banyak modal yang dibutuhkan di fase persiapan.

Bagaimana Anda Bisa Mendapatkan Modal?

Banyak sekali cara untuk mendapatkan modal agar bisnis Anda dapat berjalan. Jangan pernah berpikir bahwa satu-satunya sumber modal awal harus berasal dari kantong Anda atau pinjaman dari bank. Salah satu cara untuk mendapatkan dana adalah mengajak investor untuk ikut andil dalam bisnis Anda. Jika Anda mampu mendapatkan investor, hal ini akan mengurangi beban keuangan bisnis Anda dan investor mendapatkan profit yang prospektif. Dengan menggaet investor, keuntungan untuk bisnis Anda adalah Anda tidak perlu membayar biaya bunga bila dibandingkan dengan pinjaman dari Bank. Beberapa tips di bawah ini bisa jadi pertimbangan Anda untuk mendapatkan modal awal:

  • Rekan Bisnis

Anda harus mempunyai networking yang luas ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda. Ketika rekan-rekan Anda mengetahui Anda akan mulai merintis usaha, pasti akan muncul beberapa dari mereka yang ingin menjadi menjadi penanam modal pasif. Dalam hal ini penanam modal pasif tidak akan terlibat dalam operasional perusahaan Anda. Artinya ketika mereka berinvestasi di bisnis Anda, mereka akan hanya menerima keuntungan sesuai dengan kesepakatan di awal.

Langkah lainnya adalah mencari rekan bisnis yang tidak hanya ingin menggelontorkan sejumlah dana untuk perusahaan Anda, tetapi juga mau terlibat aktif dalam kegiatan perusahaan Anda. Anda dapat memberikan posisi yang sesuai dengan keahlian rekan bisnis Anda. Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan jika memiliki rekan bisnis aktif adalah kemudahan dalam mengembangkan bisnis karena dibantu oleh rekan bisnis tersebut. Tentu saja rekan bisnis Anda harus memiliki visi misi yang sama dengan Anda.

Tentunya menemukan rekan bisnis yang sesuai dengan keinginan Anda tidak semudah yang dibayangkan. Namun ini juga bukan hal yang mustahil, selama Anda berada di lingkungan yang tepat untuk mencari rekan bisnis seperti ini.

  • Menarik Investor Asing

Menjadi seorang pebisnis, Anda harus mempunyai slogan Think  Big Dream Big.  Bisnis Anda harus mempunyai tujuan untuk menjadi besar. Ketika Anda ingin melalukan ekspansi dalam bisnis, menarik investor asing bisa jadi pilihan yang tepat. Selain dari modal, Anda juga akan mendapatkan wawasan baru tentang bisnis sesuai dengan pengetahuan rekan bisnis Anda. 

Namun, ketika Anda memutuskan untuk mencari investor asing, Anda harus mempunyai strategi yang efektif. Karena seperti kita ketahui, investor asing memiliki standar bisnis yang berbeda dengan kita. Sehingga dibutuhkan strategi daya tarik investasi yang tepat untuk menarik investor asing tersebut dan membawa bisnis Anda masuk ke level Internasional.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menarik investor:

  • Rencana Bisnis

Rencana bisnis dibuat sebagai gambaran ide dan aktualisasinya dalam mendapatkan profit. Jika perusahaan tidak mampu membuat rencana bisnis yang baik dan menarik, investor tentu tidak akan menghamburkan uangnya ke bisnis yang tidak jelas arahnya. Sehingga sangat tidak mungkin investor berinvestasi ke bisnis yang tidak mempunyai rencana bisnis yang matang.

  • Model Bisnis

Sebuah bisnis yang baik yang harus mempunyai model bisnis yang kuat. Ini merupakan pondasi utama dari keberhasilan perusahaan Anda dan juga menjadi daya tarik bagi investor asing untuk berinvestasi dalam bisnis Anda. Mulailah dengan mengidentifikasi sumber pendapatan perusahaan Anda, klien-klien Anda dan juga keuangan perusahaan Anda.

  • Fungsi Produk

Produk adalah alat perusahaan untuk mendapatkan profit. Produk yang diminati dan dibutuhkan masyarakat dalam jangka panjang bisa menjadi alasan investor berminat menanamkan modalnya ke perusahaan. Buatlah produk yang memiliki lifetime panjang dan cost murah sehingga prospek profitnya menarik minat investor. 

Sedangkan untuk menarik investor asing, selain dengan cara di atas, juga butuh dukungan pemerintah dengan melakukan hal sebagai berikut:

  • Kepastian hukum yang jelas

Sebagai orang asing, investor tentu menginginkan keamanan diri dan dananya. Hukum yang melindungi setiap warga negara baik lokal maupun asing akan memberikan kestabilan bisnis yang pada akhirnya memberikan keuntungan besar. Dalam hal ini pemerintah perlu membuatkan seperangkat peraturan hukum untuk menjaga iklim investasi.

  • Stabilitas ekonomi dan politik

Ekonomi dan politik tidak bisa dipisahkan sehingga ketidakstabilan salah satu akan mempengaruhi sisi lainnya. Kestabilan ini salah satunya adalah dengan kepastian hukum yang jelas sehingga setiap orang baik lokal maupun asing merasa tenang berbisnis di Indonesia.

  • Pembenahan regulasi dan birokrasi

Regulasi menjadi dasar hukum dan berbuat dan bertindak atas nama bisnis dan hukum. Didukung dengan birokrasi yang siap melayani akan memberikan iklim investasi yang nyaman dan menarik minat investor asing. Pemerintah sebagai regulator harus mampu menyediakan kebutuhan ini sehingga minat investor asing untuk berinvestasi di Indonesia kembali meningkat. 

Investor dan bisnis adalah dua sisi mata uang yang saling membutuhkan. Untuk itu dibutuhkan regulator yaitu pemerintah untuk menjaga sisi mata uang ini saling menguntungkan dan meningkat perannya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.