Cara Menjalin Kerjasama dengan Investor

  • Share
Cara Menjalin Kerjasama dengan Investor

Memulai bisnis merupakan suatu tantangan. Persiapan yang matang, kemampuan menganalisa pasar dan mengimplementasikan dalam rencana bisnis menjadi faktor-faktor yang harus Anda kuasai.

Setelah mempunyai basic business plan yang kuat, Anda harus menentukan bagaimana pendanaan awal atau modal untuk perusahaan rintisan Anda ini. Banyak sekali pakar ekonomi yang mengatakan bahwa jangan pernah berhutang untuk modal awal Anda. Mengapa? Karena profit di masa awal tidak akan sebanding untuk membayar hutang. Setidaknya perusahaan harus berjalan stabil minimal satu tahun, baru Anda bisa merasakan profit seperti yang ada di budgeting plan Anda.

Solusinya adalah mencari investor yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda. Namun, ini bukan hal yang mudah. Mungkin banyak sekali orang yang mau berinvestasi dalam bisnis Anda, tetapi mencari investor modal usaha yang cocok adalah hal yang sulit.

Sekarang ini banyak sekali orang yang berjualan produk atau jasa yang sama. Kalau sudah seragam seperti itu, bagaimana mencari investor modal usaha? Fokus untuk memberikan diferensiasi. Baik dari segi konten maupun konteksnya. Produk atau jasa Anda harus memiliki ciri khas yang berbeda dari yang lain. 

Contohnya usaha di bidang kuliner. Seperti yang kita ketahui usaha dalam bidang kuliner luas sekali. Tetapi demand dari pasar tidak pernah putus karena makanan adalah kebutuhan manusia yang selalu diperlukan sepanjang masa.

Beberapa waktu lalu, banyak bermunculan orang berjualan sambal kemasan. Dengan menjanjikan kepraktisan, mereka berlomba-lomba memproduksi jenis sambal yang sama dengan kemasan yang hampir-hampir mirip. 

Disinilah poin penting memiliki ciri khas. Ketika banyak sekali produk atau jasa yang dijual sama, produk Anda harus memiliki image yang kuat dibandingkan produk lain. Anda dapat melakukannya dengan cara meningkatkan kualitas produk Anda sehingga demand tidak berhenti. Setelah itu bangun brand Anda dan lakukan promosi bisnis Anda ke market sebanyak-banyaknya secara konsisten. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat atau target pasar Anda terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Ketika pasar mulai melirik produk Anda, inilah saat yang tepat untuk mencari investor dalam usaha kuliner Anda. Anda harus dapat meyakinkan investor Anda bahwa produk Anda berbeda dengan produk-produk yang sudah ada di pasar. 

Teruslah mengembangkan produk Anda dan jangan pernah puas dengan hasil yang sekarang. Semakin bagus dan berkualitas produk Anda, akan semakin mudah Anda menarik investor untuk bergabung.

Anda bisa melibatkan investor tidak hanya dalam pendanaan atau modal usaha. Tetapi Anda bisa melibatkan investor untuk ikut andil dalam pengembangan perusahaan. Mungkin investor ini mempunyai ide-ide kreatif yang bisa Anda implementasikan di perusahaan Anda. 

CARA MENARIK INVESTOR ASING

Setelah bisnis Anda kuat di market nasional, ini saatnya Anda merambah market Internasional. Untuk pengembangan perusahaan sendiri, Anda membutuhkan pendanaan dalam jumlah yang tidak sedikit. Maka ini adalah saat Anda untuk menarik investor asing untuk ikut andil dalam ekspansi perusahaan Anda. Lalu bagaimana cara menarik investor asing? Beberapa poin penting agar ekspansi perusahaan Anda dapat dibiayai oleh investor asing bisa dengan cara di bawah ini:

  • Be different

Walaupun banyak produk di luar yang memiliki karakteristik yang sama dengan apa yang Anda tawarkan, cobalah tetap menonjolkan keaslian produk Anda. Teruslah berinovasi dengan produk Anda sehingga produk Anda dapat memenuhi tuntutan pasar. Jika hal ini sudah dapat Anda penuhi, maka akan lebih mudah menarik investor asing untuk berinvestasi pada bisnis Anda.

  • Rencana Bisnis dan Manajemen yang Baik

Miliki dan kembangkan rencana bisnis dengan terperinci dan prospektif. Ketika investor melihat perencanaan seperti ini, tentu akan menarik minat mereka karena tujuan mereka berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika hal ini dapat Anda penuhi, bukan hanya investor lokal yang akan tertarik untuk bergabung dalam perusahaan Anda. Tetapi Anda juga akan mampu menarik perhatian dari investor-investor asing.

  • Keuangan

Data keuangan menggambarkan kemampuan perusahaan mengelola sumber dayanya dengan baik. Jika perusahaan tidak dapat memberikan forecasting keuangan dengan profit yang memadai, maka bisa dipastikan perusahaan tidak mampu mengelola operasionalnya dengan baik. Keterbukaan informasi keuangan perusahaan Anda juga menjadi poin penentu dalam hal ini di mana investor-investor ini bisa melihat data keuangan perusahaan Anda untuk kemudian menganalisanya yang berkaitan dengan tujuan investasinya.

  • Konferensi dan komunitas

Jaringan atau komunitas merupakan wadah para pengusaha untuk tukar menukar informasi dan wawasan. Dari jaringan ini pulalah biasanya investor mencari perusahaan yang layak untuk diinvestasikan. Semakin baik jaringan tersebut, bisa dipastikan anggotanya punya kredibilitas yang baik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.