Daftar Emiten Blue Chip

  • Share
daftar emiten blue chip

Perdagangan saham diisi oleh berbagai jenis kriteria saham yang ditransaksikan di lantai bursa. Mulai dari saham blue chip, saham preferen, saham growth income hingga saham gorengan yang memiliki resiko tinggi. Kali ini yang dibahas adalah saham blue chip, baik yang masuk dalam daftar saham blue chip syariah 2021, hingga saham blue chip murah 2021 yang menarik banyak investor untuk membelinya. Terlebih dahulu kita bahas tentang saham blue chip.

Definisi saham blue chip Indonesia adalah saham unggulan di pasar saham Indonesia yang berasal dari perusahaan dengan fundamental yang baik sehingga saham ini tidak mudah dimainkan harganya. Cenderung stabil dengan tingkat keuntungan baik gain maupun dividen yang tinggi. 

Saham blue chip ini bisa dikenali ciri-cirinya, yaitu:

  • Harga saham

Harga saham blue chip stabil dan cenderung naik dengan kisaran harga yang cukup tinggi. Namun investor tidak keberatan untuk memiliki saham jenis ini karena saham ini lebih tepat untuk dijadikan aset jangka panjang. Biasanya pemilik saham blue chip tidak akan memainkan saham ini di pasar saham hanya untuk mencari selisih harga. Tapi lebih kepada investasi jangka panjang dan kepemilikan di perusahaan.

  • Nilai kapitalisasi besar

Yang dimaksud nilai kapitalisasi pasar adalah total dari jumlah saham di pasar dengan harganya. Saham blue chip memiliki kapitalisasi pasar yang besar karena harga sahamnya cukup tinggi dan jumlah yang beredar juga banyak tanda diminati oleh investor.

  • Pemimpin di pasar saham

Dengan nilai kapitalisasi pasar yang tinggi, saham ini menjadi pemimpin di pasar saham ditandai dengan keberadaannya sebagai saham lapis satu yang menjadi pendongkrak IHSG di bursa efek. Selain itu, perusahaannya termasuk leader di sektornya dan merupakan pemain lama di BEI (lebih dari 5 tahun) dengan masa operasional perusahaan yang telah lama antara belasan hingga puluhan tahun. 

  • Likuiditas tinggi

Saham jenis ini mempunyai likuiditas tinggi, maksudnya jika ada investor yang ingin melepas saham ini di harga tertentu, investor lain akan segera membelinya dengan harga tersebut. Artinya saham ini menjadi incaran investor di harga berapapun. 

  • Rajin bayar dividen

Nah, ini juga mendorong minat investor untuk membeli saham jenis ini. Dengan pembagian dividen rutin bisa diartikan perusahaan mempunyai manajemen yang baik dan keuangan yang sehat sehingga bisa memberikan dividen kepada pemegang sahamnya.

Setelah memahami kriteria saham blue chip, tentunya bertanya-tanya apakah ada saham blue chip dengan harga yang lebih murah? Tentu saja. Di bawah ini adalah rekap 10 besar daftar emiten blue chip baik harga yang tertinggi hingga yang lebih murah di penutupan bulan Desember 2021:

Nama Emiten Harga penutupan Desember 2021

  1. PT. Bank Central Asia Tbk (BBCA) 7,300
  2. PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI) 4,130
  3. PT. Telkom Indonesia Tbk (TLKM) 4,100
  4. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) 7,175
  5. PT. Astra International Tbk (ASII) 5,875
  6. PT. Indofood (INDF) 6,450
  7. PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) 7,400
  8. PT. Unilever Indonesia Tbk (ULVR) 4,014
  9. PT. United Tractors (UNTR) 22,000
  10. PT. Gudang Garam (GGRM) 31,400

Harga saham blue chip memang tergolong tinggi. Namun bukan berarti tidak ada saham blue chip dengan harga yang lebih terjangkau. Dibawah ini daftar saham blue chip dengan harga lebih murah:

Nama Emiten Harga penutupan Desember 2021

  1. PT. Adaro Energy  (ADRO) 1,920
  2. PT. Erajaya Swasembada (ERAA) 1,620
  3. PT. Aneka Tambang Persero (ANTM) 2,290
  4. PT. Bumi Serpong Damai (BSDE) 1,035
  5. PT. Bukalapak.com (BUKA)     488
  6. PT. Wijaya Karya (WIKA) 1,155
  7. PT. H.M Sampurna (HMSP)     995
  8. PT. Medco Energy (MEDC)     494
  9. PT. Media Nusantara Citra (MNCN)     945
  10. PT. Sarana Menara Nusantara (TOWR) 1,125

Bisa dilihat kan perbedaan harga yang sangat mencolok? Padahal keduanya merupakan saham blue chip. Dari perbandingan harga ini, investor masih bisa memiliki saham blue chip dengan segala keuntungannya. Jangan lupakan saham blue chip syariah seperti ADRO dan ANTM yang bisa dijadikan aset investasi jangka panjang yang juga memberikan keuntungan besar. 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.