Daftar Emiten Consumer Goods

  • Share
daftar emiten consumer goods

Sikap kehati-hatian sangat diperlukan saat Anda ingin membeli saham perusahaan consumer goods. Harga saham sektor ini terbukti lebih stabil dan bertahan di saat terjadi krisis ekonomi akibat pandemi. Sehingga jangan heran jika banyak perusahaan consumer goods yang ada di tanah air banyak yang mencatat keuntungan di saat perusahaan lain mengalami kerugian. Di bawah ini kami akan berikan beberapa daftar emiten consumer goods yang ada di Indonesia dan layak untuk dipertimbangkan sebagai saham investasi Anda.

Daftar Emiten consumer goods yang terdaftar di BEI 2021

Perusahaan consumer goods yang ada di Indonesia cukup banyak dan termasuk dalam saham yang growth. Namun, saham sektor tersebut dibagi lagi ke dalam subsektor yaitu makanan & minuman, kosmetik & rumah tangga, peralatan rumah tangga, obat-obatan, pabrik tembakau dan sebagainya. Di bawah ini adalah daftarnya:

  • Matahari Putra Prima Tbk

Matahari Putra Prima Tbk ini merupakan perusahaan yang mengelola jaringan supermarket yang ada di seluruh Indonesia. Di antaranya Hypermart, Primo Supermarket, Boston Health & Beauty dan lainnya.

Saham pada Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) ini menurut BEI merupakan saham consumer goods dengan ketegori non siklikal yang cukup diminati sekaligus sering diperjualbelikan oleh para investor ataupun trader.

Bahkan, MPPA tercatat melakukan transaksi sebanyak lebih dari 1 juta kali di periode tersebut. Hal ini terkait wabah di mana kebutuhan sandang dan kesehatan meningkat tajam dari biasanya. Kondisi pandemi juga mendorong MPPA menerapkan transformasi perdagangan dari sistem offline dengan jaringan ritel di seluruh Indonesia menjadi online sekaligus mengurangi jumlah ritelnya. Di bidang pembayaran MPPA juga melakukan pengembangan sistem pembayaran dengan memanfaatkan QRIS.

  • Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

Selanjutnya ada Unilever Indonesia Tbk yang walaupun mengalami trend penurunan harga dalam beberapa tahun ini akan tetapi peminat pada saham UNVR ini tetap banyak. Ini bisa dibuktikan dengan data sampai dengan triwulan ketiga 2021 ini, UNVR mencatatkan transaksi lebih dari 1 juta kali dengan nilai transaksinya hampir 121 triliun.

Meski sempat mengalami penurunan, namun emiten consumer goods seperti UNVR tetap menjadi target investasi bagi investor baik investor pemula maupun investor yang ingin mempunyai aset saham jangka panjang.

  • Gajah Tunggal Tbk (GJTL)

Seperti yang kita ketahui, PT Gajah Tunggal Tbk merupakan perusahaan produsen sekaligus distributor ban dalam dan ban luar sepeda. Selain itu, GJTL juga menghasilkan produk hasil olahan karet lain sebagai produk sampingannya. Saham GJTL tercatat sudah diperjualbelikan sebanyak 599,124 kali dengan nilai total perdagangannya mencapai tiga triliun rupiah. Dengan nilai ini, menjadikan saham GJTL sebagai saham yang paling banyak diperdagangkan untuk kategori saham consumer goods automotive.

Kelebihan Saham Sektor Consumer Goods

Setelah memahami definisi saham consumer goods dan melihat contoh-contohnya, investor perlu memahami mengapa harus berinvestasi di saham sektor ini. Salah satunya adalah dengan mengetahui kelebihan saham jenis ini dibanding jenis lain. 

  • Fundamental yang baik

Perusahaan ini memiliki fundamental yang baik yang ditunjukkan dengan usia perusahaan yang mencapai puluhan tahun. Pengalaman dan pengetahuan dari pengelola perusahaan untuk terus meningkatkan keuntungan perusahaan menjadikan sahamnya selalu menjadi target investasi. 

  • Potensi profit jangka panjang

Produk consumer goods merupakan produk long lasting yang maksudnya adalah selalu dibutuhkan sepanjang masa. Sehingga rata-rata perusahaan ini berumur panjang. Dengan demikian profit yang dihasilkan pun bersifat jangka panjang dan cenderung meningkat, mulai dari harga sahamnya hingga dividen yang dibagikan

  • Stabil

Tipikal perusahaan consumer goods adalah stabil dengan pengelolaan yang baik karena mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Apalagi jika perusahaan sudah mengekspor produknya ke luar negeri. Sehingga saham perusahaan ini menjadi diperhitungkan baik di pasar bursa dalam negeri juga luar negeri yang mengundang investor asing untuk ikut berinvestasi.

Sebagai produk yang dibutuhkan selama manusia masih ada, maka tipe saham ini sangat profitable untuk dijadikan pilihan investasi saham. Sebagai investor, ada baiknya Anda memiliki saham jenis ini untuk investasi jangka panjang Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.